in

Pramuka Ikut Lakukan Pengamanan Gereja di Semarang

Anggota Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Banyumanik turut serta lakukan pengamanan ibadah misa Natal di Gereja Santa Maria Fatima, Jalan Kanfer Raya, Banyumanik, Semarang, Sabtu (25/12/2021).

HALO SEMARANG – Para anggota Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Banyumanik turut serta lakukan pengamanan ibadah misa Natal di Gereja Santa Maria Fatima, Jalan Kanfer Raya, Banyumanik, Semarang, Sabtu (25/12/2021). Misa Natal telah dilakukan sejak Jumat (24/12/2021) sore kemarin.

Darmono, Koordinator Posko Natal Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Banyumanik mengatakan, saat ini anggotanya sedang melaksanakan kegiatan posko Natal untuk membantu kepolisian melakukan pengamanan ibadah Natal tanggal 24 dan tanggal 25 Desember 2021.

“Ini adalah agenda rutin setiap tahun di mana kita melaksanakan kegiatan di gereja Santa Maria Fatima, Kanfer Raya, Banyumanik,” terang pria yang akrab disapa Momon ini.

Momon menambahkan, posko Natal ini terdiri dari 15 anggota Pramuka Penegak dari Dewan Kerja Ranting dan Saka Bhayangkara binaan Polsek Banyumanik, serta 5 orang andalan Kwarran Banyumanik.

“Tugas kami adalah membantu, baik itu dari menyeberangkan jamaat, parkir, dan tugas lainnya yang memang dibutuhkan oleh panitia gereja,” ujarnya.

Mereka yang terlibat dalam pengamanan ini, dikatakannya cukup antusias. Anggota yang ditugaskan bersedia secara sukarela, meski mayoritas adalah pemeluk Islam.

Alhamdulilah adik-adik sangat antusias karena sebelum kami tugaskan, memang sudah disampaikan bahwa ini pengamanan untuk ibadah Natal. Mereka antusias untuk mendaftarkan diri sukarela, tanpa dipaksa dan mereka mayoritas adalah muslim,” kata dia.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan posko pengamanan ini adalah melatih kebersamaan dan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan toleransi dan melatih jiwa sosial agar nanti anggota Pramuka siap terjun di masyarakat.

Leidy Firstalia, siswi kelas XI SMAN 9 Semarang, salah satu anggota Pramuka yang ikut dalam pengamanan menyampaikan, dirinya senang menjadi bagian dalam pengamanan Natal tahun ini.

“Senang karena bisa bantu orang, ketemu temen-temen juga,” ucapnya.

Leidy juga menceritakan bahwa orang tuanya mendukung kegiatan yang dia lakukan selama dua hari ini.

Sejalan dengan hal itu, Koordinator Tata Laksana Gereja Santa Maria Fatima, Yohanes Dwi mengapresiasi partisipasi anggota Pramuka tersebut.

“Kami merasa dibantu, karena itu adalah wujud persaudaraan,” ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih pada Pramuka yang telah membantu melancarkan perayaan Natal di gerejanya.(HS)

Kemeriahan Perayaan Natal di Lapas Perempuan Semarang

Tongkrongan Baru di Kota Semarang, KAJ Hadir di Jalan Gajah Mada dengan Konsep Baru dan Modern