Prakiraan Cuaca Kota Semarang Selasa Pagi Hingga Sore Berawan

Suasana cuaca Kota Semarang cerah berawan, Selasa, (1/12/2020).

 

HALO SEMARANG – Berdasarkan data cuaca yang diamati di Stasiun Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang tanggal 1 Desember 2020 pukul 05.30 WIB, prakiraan cuaca di Kota Semarang adalah berawan. Angin dari arah Tenggara dengan kecepatan 06 km/jam.

Suhu udara 26,0 derajat celcius dan kelembaban udara 86 persen.

‚ÄúPrakiraan cuaca Semarang pagi hingga siang cerah berawan. Sore hari awal malam berpotensi terjadi hujan ringan sampai¬†sedang. Sedangkan arah angin dari arah Timur ‚ÄďBarat Laut dengan kecepatan 10-25 km/jam. Suhu udara berkisar 27-32 derajat celcius. Kelembaban udara berkisar 65-85 persen,‚ÄĚ kata Prakirawan Cuaca, Gempita Icky Dzikrillah, dalam informasi BMKG Ahmad Yani Semarang, Selasa, (1/12/2020).

Sedangkan untuk cuaca di Jawa Tengah, pagi hari umumnya berawan, sebagian Pantura Tengah dan Jateng Timur berpotensi hujan ringan. Siang atau sore sampai awal malam berpotensi turun hujan ringan hingga sedang, dengan kejadian bervariasi.

Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan tengah, sebagian Jateng  Timur dan Pantura tengah sisi Selatan.

Tinggi gelombang di perairan utara Jawa Tengah sekitar 0,2 meter-1,25 meter. Tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah sekitar 1,3 -3.0 meter.
Sementara itu, ada peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah pada tanggal 30 November – 2 Desember 2020.

Berdasarkan analisis kondisi atmosfer di Jawa Tengah menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dan kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas, dalam tiga hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah. Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena gelombang Kelvin di wilayah Jawa.

Berdasarkan kondisi tersebut, Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode tiga hari ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan Intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah  sebagai berikut:

Tanggal 1 Desember 2020:

Cilacap, Brebes, Banyumas, Temanggung, Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Magelang, Kebumen, Kab. Tegal, Salatiga, Klaten, Kab. Semarang, Grobogan, Demak, Pati, Kudus, Karanganyar, Boyolali, dan sekitarnya.

Tanggal 2 Desember 2020

Cilacap, Brebes, Kab. Tegal, Pemalang, Batang, Purbalingga, Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas, Salatiga, Pekalongan, Kabupaten Kendal, Boyolali, Surakarta, Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Kebumen, Purworejo, dan sekitarnya.

‚ÄúMasyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lain-lain. Dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,‚Ä̬†papar¬†Achadi Subarkah Raharjo, Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.