in

Prabowo Ungkap Kekaguman ke Tokoh Tanah Minang, M Natsir Hingga Tan Malaka

Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat menghadiri undangan acara Batagak Gala Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Afriansyah Noor yang ditunjuk menjadi Datuk Rajo Basa di Istano Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (29/4/2023).

HALO NASIONAL – Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, ternyata sangat mengagumi karakter orang Minangkabau. Ia banyak mengenal dan menghormati tokoh serta pahlawan dari daerah tersebut.

Pertama, Prabowo menyebut tokoh Mohammad Natsir, seorang ulama, politikus, dan pahlawan lintas negara Islam yang berasal dari Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Tokoh ini dikenal banyak negara di dunia lewat diplomasi yang dilakukan.

Prabowo juga mengungkapkan kekagumannya pada tokoh Minangkabau di bidang sastra. “Siapa anak Indonesia yang tidak kenal Sutan Takdir Alisjahbana?” ujar Prabowo di Istana Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Sabtu (29/4/2023).

Ia lalu menyebut Tan Malaka, salah satu tokoh nasional yang lahir di Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota dan dikenal sebagai Bapak Republik Indonesia, karena menjadi tokoh pertama yang memberi nama Republik Indonesia.

“Tan Malaka bagaimanapun adalah pahlawan nasional. Mohammad Yamin dan terus sampai hari ini tokoh-tokoh Minangkabau sangat menonjol di tingkat nasional,” kata dia.

Tak hanya itu, Prabowo yang besar di tentara, juga mengenal tokoh Minangkabau yang menjadi prajurit dan jenderal hebat. Salah satunya, Letjen TNI (Purn) Ahmad Kemal Idris yang menjabat sebagai Pangkostrad pada 1967 silam.

“Kita semua mungkin sudah mendengar Kemal Idris. Dan banyak tokoh-tokoh yang tidak bisa saya sebut satu-persatu namanya,” jelas Prabowo.

Dari kekagumannya terhadap sejumlah tokoh Minangkabau tersebut, menurut Prabowo, rakyat Minangkabau adalah tipikal yang setia dan berani.

“Saya merasa rakyat Minangkabau itu setia, berani, penuh pendirian, dan teguh pada prinsip,” ujar Prabowo.

Sebagai informasi, Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut menghadiri undangan acara Batagak Gala Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Afriansyah Noor yang ditunjuk menjadi Datuk Rajo Basa di Istano Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (29/4/2023).

Pada acara tersebut di hadapan para tokoh Minang, Prabowo mengaku tidak ingin datang ke Sumatera Barat jika tidak membawa apa-apa. Ia menyebut merasa berhutang budi kepada warga Sumatera Barat karena begitu setia dan percaya kepada dirinya maupun keluarganya.

“Sebenarnya kenapa saya tidak kembali ke sini bertahun-tahun, karena saya merasa belum bisa berbuat apa-apa. Tapi sekarang ya, sedikit-sedikitlah saya mencicil entah itu menyumbangkan ambulans kepada rumah sakit se-kabupaten,” kata Prabowo.

Ia melanjutkan bahwa pemberian itu janganlah dilihat dari materinya tapi dilihat dari niatnya.

“Untuk tadi saya katakan utang budi saya untuk kepada rakyat Minang. Dari kecil keluarga saya selalu didukung oleh rakyat Minang, saya terharu orang tua saya masih dikenal di sini,” kata Prabowo.

Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra ini menyerahkan 20 unit ambulans untuk 19 RSUD Kabupaten dan Kota se-Sumbar dan RSUP M Djamil Padang.

Prabowo mengatakan, ambulans itu adalah bagian dari komitmennya untuk mendukung sektor kesehatan di Indonesia, termasuk Sumatera Barat.

“Ambulans-ambulans ini adalah bukti dukungan kami untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk masing-masing RSUD,” kata Prabowo.(HS)

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (30/4/2023)

Disambut Hangat Warga, Ini Pantun Prabowo untuk Masyarakat Minang