in

PPKM Level III diperpanjang, Bupati Lanjutkan Roadshow Pembagian JPS Tahap IV

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, dalam road show memantau penyerahan dana JPS, berdialog dengan Miarjo (69), warga penerima manfaat dari Kelurahan Karang Tengah, Sabtu (21/8). (Foto : Banjarnegarakab.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, melakukan road show dengan mendatangi sejumlah lokasi, guna mengawasi penyaluran dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) PPKM tahap IV, Sabtu (21/8).

Plt Kepala Dinsos, Noor Tamami, menjelaskan, JPS PPKM tahap IV dari APBD Kabupaten Banjarnegara ini, diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu, yang terdampak wabah Covid-19.

Mereka juga belum terdata sebagai penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), bantuan dari dana Pemerintah Pusat, atau dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Penyaluran JPS ini bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Adapun total penerima manfaat, sebanyak lebih dari 17 ribu keluarga, masing-masing menerima bantuan Rp 300.000. Pemkab Banjarnegara, menyediakan anggaran Rp 5,1 milliar, untuk bantuan program JPS tersebut.

Dalam pembagian JPS, Sabtu (21/8) dilaksanakan di tujuh wilayah. Masing-masing di Desa Cendana (54 penerima manfaat), Kelurahan Karang Tengah (245 orang), Kelurahan Kutabanjarnegara (236 orang / tahap pertama sejumlah 236 orang telah dibagikan sehari sebelumnya), Kelurahan Parakancanggah (224 orang), Kelurahan Semampir (203 orang), Kelurahan Semarang (280 orang) dan Kelurahan Sokanandi  (159 orang).

Dalam kesempatan itu, Bupati berdialog dengan Miarjo (69 tahun), salah satu penerima manfaat dari Kelurahan Karang Tengah.

“Mbah, niki artone ngge tumbas beras, lawuh nggih. Aja lunga-lunga nang umah bae, mbok kesambet Corona. (Mbah, ini uangnya untuk beli beras, lauk ya. Jangan pergi-pergi, di rumah saja dulu. Karena masih ada virus Corona),” kata Bupati, seperti dirilis Banjarnegarakab.go.id.

Miarjo (69 tahun) mengaku merasa sangat terbantu dengan uluran JPS ini. Sebagai lansia, dia kerap dibantu oleh keluarga besarnya. Tetapi dalam kondisi saat ini, dia juga tidak ingin merepotkan saudara-saudaranya.

“Alhamdulillah, matur nuwun niki diparingi bantuan. Sangat membantu kami,” kata dia. (HS-08)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Minggu, (22/8/2021)

Pemkab Banyumas Gelar Tes Antigen Gratis di Alun-alun Purwokerto