in

PPKM Level 2, Polres Banjarnegara Gelar Vaksinasi Massal hingga Bagikan Bantuan

Tenaga kesehatan di Banjarnegara melakukan pemeriksaan awal pada warga yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19, yang digelar Polres Banjarnegara. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Status PPKM di Banjarnegara saat ini yang sudah turun dari level tiga ke dua, dibarengi dengan upaya gencar Pemkab bersama pihak terkait di wilayah itu, untuk semakin menekan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Seperti yang dilakukan Polres Banjarnegara, dengan menggelar vaksinasi massal dosis kedua, di Gerai Vaksin, Sabtu (11/9).

Kabag Sumda Kompol Nanang Aris Widodo SH mengatakan, di gerai vaksinasi masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis.

“Masyarakat yang hendak melaksanakan vaksin Covid-19 silahkan datang ke gerai vaksin,” kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Ia menjelaskan, vaksinasi  massal menyasar masyarakat Banjarnegara khususnya, yang belum mendapatkan suntikan vaksin.

“Tempat vaksinasi akan berpindah-pindah agar bisa langsung menjangkau masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, gerai vaksinasi massal ini, merupakan langkah Polri mendukung program vaksinasi Nasional, agar Indonesia bisa segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

“Vaksinasi dilakukan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19, harapanya masyarakat kembali pulih, ekonomi pulih dan segera normal kembali,” ucapnya.

Selain vaksinasi, menurut dia upaya penting yang harus dilakukan masyarakat adalah selalu melaksanakan protokol kesehatan. Protokol kesehatan itu juga harus dilakukan warga, yang sudah menerima suntikan vaksin.

“Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi harus dilakukan,” kata dia.

Dalam rangka menegakkan disiplin protokol kesehatan dan mendukung PPKM level 2, Polres Banjarnegara, bersama TNI Kodim 0704/ Banjarnegara dan Satpol PP Kabupaten Banjarnegara, juga gencar menggelar operasi yustisi.

Kabag Ops Kompol Sardoyo mengatakan operasi yustisi, dilakukan untuk mendukung PPKM Level 2 guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Wilayah Banjarnegara.

Operasi yustisi dilakukan dengan penerangan keliling. Dalam kegiatan itu, petugas mendatangi pusat-pusat kegiatan warga, serta mengajak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

“Operasi Yustisi dilaksanakan dengan sasaran Pasar Induk, Alun alun Banjarnegara, Pusat Kuliner Banjarnegara, minimarket, angkringan, pedagang kaki lima, dan tempat keramaian di Banjarnegara,” kata dia, Jumat (10/9) kemarin.

Di tempat-tempat itu, petugas memberikan apresiasi kepada warga yang sudah tertib melaksanakan protokol kesehatan, termasuk memakai masker dan menjaga jarak.

Sebaliknya, pada warga yang mengabaikan protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker atau berkerumun, polisi memberikan teguran. Petugas juga membagikan masker pada warga yang tak memakai alat pelindung diri tersebut.

“Kami membagikan masker gratis, dan memberikan teguran lisan pada warga yang tidak taat protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau masyarakat agar mematuhi berbagai aturan dalam PPKM dan protokol kesehatan. Dia juga mengajak menjadikan protokol kesehatan sebagai gaya hidup.

Selain operasi yustisi, Polres Banjarnegara juga membagikan paket sembako dari Pemerintah, kepada warga kurang mampu yang terdampak PPKM Level 2. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, warga kurang mampu merupakan kelompok yang terdampak cukup parah dan perlu dibantu.

Kasat Binmas AKP Rusmiyatun SE mengatakan kegiatan bakti sosial dilakukan Polres Banjarnegara ini, sebagai wujud kepedulian Polri terhadap warga di tengah pandemi Covid-19, khususnya dimasa PPKM Level 2.

“Selain menegakkan aturan PPKM Level 4, kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak,” katanya.

Ia menjelaskan, penyaluran paket sembako akan terus digelar sampai hari terakhir PPKM Level 2 dengan sasaran tempat berbeda-beda.

“Kami membagikan paket sembako yang berisi beras, mie instan dan minyak goreng untuk kebutuhan sehari-hari, sebagai langkah membantu Pemerintah menangani Pandemi Covid19,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu dan memberikan semangat serta motivasi kepada masyarakat yang terdampak.

“Semoga bermanfaat dan membantu dalam memenuhi kebutuhan ekonominya,” tuturnya. (HS-08)

Share This

Indonesia Terima 500 Ribu Dosis Vaksin Janssen dari Pemerintah Belanda

Cegah Kejahatan, Personel Polres Grobogan Sambangi Objek Vital