in

PPKM Ditegakkan, 7 Orang Dapat Sanksi Fisik, 6 Teguran Lisan, dan 1 Didenda

Petugas dari Polres Pati dan Kodim Pati, memberikan hukuman fisik kepada pelanggar PPKM mikro dan protokol kesehatan. (Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO PATI – Polres dan Pemkab Pati meminta warga di wilayah itu untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Setiap kali bepergian, termasuk ke ruang publik, mereka harus mengenakan masker. Warga juga harus menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Bagi warga yang kedapatan melanggar, termasuk tak mengenakan masker ketika berada di ruang publik, bisa mendapatkan sanksi fisik atau denda.

Penegasan itu disampaikan Kasubagdalops Polres Pati AKP Endah Setiyaningsih SH, menyikapi adanya warga yang masih enggan memakai masker.

Penindakan tegas itu, antara lain dilakukan petugas gabungan dari Polres, Kodim, dan Pemkab Pati, dalam operasi penegakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pasar Soponyono dan Terminal Kembangjoyo. Selasa (22/06).

Pada kegiatan tersebut sejumlah warga yang tidak memakai masker, langsung diberi sanksi. Sebanyak tujuh orang menerima sanksi fisik, enam orang mendapat teguran lisan, dan satu orang dikenai denda.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah mendisiplinkan masyarakat Kabupaten Pati agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisasi serta antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19),” kata Kasubagdalops Polres Pati AKP Endah Setiyaningsih SH, saat memimpin Operasi.

Menurut dia, warga masyarakat, saat ini harus disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, minimal memakai masker. Hal itu semata-mata demi melindungi masyarakat, dari bahaya Covid-19.

“Ini juga tindak lanjut Siaran Kemenko Perekonomian RI tentang PPKM, Intruksi Mendagri Nomor 01 Tahun 2021, STR Kapolri, Surat Gubernur Jateng Nomor 443.5/000429, STR Kapolres Pati, serta Sprin Kapolres Pati tertanggal 16 Mei 2021 tentang Perintah pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan pasca berakhirnya Ops Ketupat Candi 2021,” kata dia, seperti dirilis Tribratanews.jateng.polri.go.id.

Sasaran penegakan PPKM Mikro itu, di antaranya kerumunan warga yang tidak jaga jarak, warga tidak menggunakan masker dan kegiatan masyarakat yang melanggar ketentuan PPKM dan protokol kesehatan. (HS-08)

Share This

Hasil Swab Bisa Jadi Bahan Manajemen Atur Jam Kerja

Ganjar ke Pabrik Samator: Produksinya Bagus, Stok Aman