in

PPKM Banyumas Level 2, Bupati Minta Jangan Euforia, Tetap Patuhi Prokes

Bupati Banyumas Achmad Husein. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Bupati Banyumas Achmad Husein meminta warganya untuk tidak euforia, dalam menyambut penurunan level PPKM di wilayahnya, dari tiga menjadi dua.

Menurut dia, yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah tetap waspada, hati-hati, dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Hal ini karena masih ada risiko penularan Covid-19.

“Dengan turunnya level ini, mohon jangan euforia, tetap patuhi prokes. Kalau semua disiplin, pertengahan bulan November nanti bisa turun lagi ke level I,” ujar Husein, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Dia juga menyampaikan bahwa berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, Kabupaten Banyumas, turun dari level 3 ke 2.

“Berdasarkan Inmendagri terbaru Banyumas secara resmi sudah masuk PPKM level 2,” kata Bupati Banyumas.

Lebih lanjut Bupati Husein mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir kasus Covid-19 di Banyumas menurun drastis. Kasus bulanan hingga tanggal 18 Oktober 2021 tercatat 103 kasus. Adapun kasus pada bulan September sebanyak 773 kasus, Agustus (3.627), dan tertinggi pada bulan Juli (13.720).

“Demikian halnya dengan kasus kematian akibat Covid-19 yang terus membaik. Kasus kematian bulanan hingga tanggal 18 Oktober 2021 tercatat sebanyak 21 orang meninggal. Sedangkan pada bulan September sebanyak 74 kasus, kemudian Agustus (366) dan tertinggi pada Juli (777),” kata dia.

Vaksinasi

Sementara itu dalam upaya memperkuat kekebalan tubuh warga dari Covid-19, Pemkab Banyumas bersama para pemangku kepentingan, juga gencar menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal.

Seperti vaksinasi massal kepada 400 warga Desa Bantarwuni, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, belum lama. Vaksinasi yang diikuti oleh masyarakat umum termasuk lansia tersebut, dilakukan di balai desa, dengan pengawalan Bhabinkamtibmas Desa Bantarwuni Aipda Nahar Adi Pamungkas bersama Babinsa.

“Saya berharap selama pelaksanaan vaksinasi dari awal hingga selesai tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi serta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Aipda Nahar Adi Pamungkas.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5 M, walaupun sudah mendapat dua dosis vaksin Covid-19.

Masyarakat harus tetap memakai masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas.

Kapolsek Kembaran AKP Sukiyah SH, mengatakan demi kelancaran kegiatan vaksinasi tersebut, perlu kehadiran anggota Polri untuk mengamankan, mengawasi, serta mengawal untuk mencegah timbulnya gangguan keamanan.

“Kami akan selalu mengawal setiap kegiatan vaksinasi di wilayah Hukum Polsek Kembaran, dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Harapan kami kegiatan vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua,” kata dia. (HS-08)

Share This

Kecelakaan Maut Di Tlogosari Raya, Pemotor Alami Luka Parah Usai Tabrak Tiang Telkom

Vaksinasi Baru 30%, Pemalang Kembali ke PPKM Level 3,