in

PPDB Kota Semarang Dibuka Akhir Juni, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Ruang kelas di SMP 5 Kota Semarang yang telah dimodifikasi untuk pembelajaran tatap muka (PTM).

 

HALO SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang TK, SD, dan SMP negeri. Pelaksanaan masih dilakukan melalui online seperti tahun lalu.

PPDB di Kota Semarang akan digelar pada akhir bulan Juni mendatang. Jadwal untuk TK dan SD dibuka pada 26-29 Juni 2021. Sedangkan untuk tingkat SMP akan dibuka mulai 27-30 Juni 2021.

“Pelaksanaan PPDB dilakukan secara online dan tidak ada pemberkasan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, Selasa (25/5/2021).

Untuk kelancaran berlangsungnya PPDB, pihaknya telah melakukan pembaharuan kapasitas server. Selain itu, PPDB juga dipastikan berjalan aman dan lancar.

“Ada penambahan server, kemarin sudah dicek juga oleh Irjen Kementerian Pendidikan aman untuk PPDB,” kata Gunawan.

Gunawan menjelaskan, koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial Kota Semarang dan beberapa instansi/lembaga terkait juga dilakukan menyelaraskan data.

“Kami koordinasi dengan Dispendukcapil, Dinas Sosial dan lembaga terkait untuk sinkronasi data,” ujar Gunawan.

Diungkapkan Gunawan, alur pendaftaran PPDB hanya cukup memasukkan Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir di laman https://ppd.semarangkota.go.id/.

Selanjutnya, secara otomatis akan muncul data calon peserta didik pada sistem. Mulai dari nilai zonasi, usia, lingkungan, rapor, dan prestasi.

“Calon peserta didik tinggal memasukkan NIK, sehingga akan muncul zonasi, usia, lingkungan untuk SD. Sedangkan untuk SMP akan keluar nilai usia, rapor kelas IV semester I dan II, kelas V semester I dan II, kelas VI semester I, nilai prestasi dan lingkungan akan muncul,” ungkapnya.

Gunawan menyampaikan, dalam PPDB tahun ini akan diawali dengan pra-PPDB.

“Pra PPDB untuk TK/SD dimulai pada 13-18 Juni 2021, sedangan bagi tingkat SMP 20-25 Juni 2021. Sementara PPDB TK/ SD digelar pada 26-29 Juni 2021 dan tingkat SMP 27-30 Juni 2021,” katanya.

Terkait dengan pelaksanaan pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 akan digelar secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Tidak hanya sekolah negeri, namun juga untuk sekolah swasta.

“Rencana tanggal 12 Juli akan diberlakukan PTM tahap ketiga, harapan kita untuk negeri bisa semuanya, tapi untuk swasta silakan bisa mengajukan kepada kami dulu,” jelasnya.

Kapasitas kelas diungkapkan, maksimal 50 % dari daya tampung ketika mengelar PTM. Nantinya ada evaluasi berkala dalam penerapan PTM selama masa pandemi Covid-19.

“Evaluasi tetap dilakukan uji coba setiap bulannya,” tutupnya.(HS)

Share This

Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Elkan Baggott Batal Bergabung Timnas Indonesia

Rayakan Milad ke-13, Bank Jateng Syariah Gelorakan Semangat Perubahan