in

PPDB di Kota Pekalongan Mulai 21 Juni

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Drs Sugiyo. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Pelaksanaan Seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 di Kota Pekalongan, akan mulai dibuka pada 21-25 Juni 2021. Pelaksanaan PPDB untuk satuan pendidikan PAUD, TK, dan SD akan dilakukan secara daring dan luring.

Adapun untuk tingkat SMP, dilakukan secara daring melalui http://ppdb.dindik.pekalongankota.go.id.

Seperti tahun lalu, sesuai Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dan Perwal Nomor 24 tahun 2021, PPDB SMP menggunakan empat jalur, yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Drs Sugiyo mengatakan bahwa kuota atau daya tampung untuk jalur zonasi minimal 60%, jalur afirmasi 15%, jalur perpindahan orangtua 5%, dan jalur prestasi 20%.

“Untuk jalur zonasi, karena wilayah geografis Kota Pekalongan tidak terlalu luas, sehingga hanya ada satu zona, ditambah beberapa daerah di perbatasan. Untuk kuota dari jalur zonasi minimal 60% dari daya tampung. Sehingga, apabila jalur lainnya tidak terpenuhi, maka sisa kuota dari jalur tersebut akan dialihkan ke jalur zonasi,” kata Sugiyo, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Lanjutnya, jalur zonasi diukur dari jarak terdekat rumah tinggal siswa dengan satuan pendidikan (sekolah). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan titik koordinat, diambil garis lurus rumah hingga satuan pendidikan.

Ditambahkan Sugiyo, untuk prosedur PPDB SMP daring berkas/dokumen yang harus disiapkan diantaranya jalur zonasi yakni scan KK asli dan pas foto ukuran 3×4, jalur afirmasi berkas yang diunggah meliputi scan KK asli, scan kartu program penanganan keluarga tidak mampu, scan surat keterangan bagi penyandang disabilitas dari instansi terkait, dan scan pas foto ukuran 3×4.

Kemudian, jalur perpindahan orangtua meliputi scan KK asli, scan surat penugasan dari instansi/lembaga/kantor yang mempekerjakan, dan scan pas foto 3×4. Terakhir, jalur prestasi berkas yang disiapkan adalah scan KK asli, scan ijazah/dokumen lain yang menunjukan telah menyelesaikan pendidikan SD, scan sertifikat/piagam juara lomba asli yang diperoleh dari prestasi akademik/non akademik, dan scan pas foto 3×4.

“Calon siswa diperbolehkan memilih maksimal tiga satuan pendidikan terdekat dari domisili tempat tinggal,”tutur Sugiyo.

Informasi terkait persyaratan dan petunjuk teknis PPDB tahun ajaran 2021/2022 dapat di akses masyarakat melalui http://ppdb.dindik.pekalongankota.go.id/ atau juga bisa datang ke kantor Dindik Kota Pekalongan di Jalan Maninjau nomor 16. (HS-08)

Share This

Kota Pekalongan Salurkan 161 Kartu Jateng Sehat

Buka Payment Point Di Mal Pelayanan Publik, Bank Jateng Siap Melayani Masyarakat Kendal