Potensi Kejutan di MotoGP 2021 Bisa Berlanjut

Cal Crutchlow/dok.

 

HALO SPORT – Potensi kejutan pada balapan MotoGP bisa berlanjut musim depan. MotoGP 2020 menghasilkan sensasi dengan keberhasilan Joan Mir merebut gelar juara dunia.

Sukses pembalap Suzuki Ecstar itu menghentikan dominasi Marc Marquez. MotoGP musim ini memang penuh kejutan.

Selain memunculkan delapan pemenang balapan, belasan pembalap bergantian naik ke podium. Bahkan, lima dari sembilan pemenang balapan musim lalu baru kali pertama merasakan manisnya naik ke podium juara.

Lima rider itu adalah Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Mir, Brad Binder, dan Miguel Oliveira. Pandemi Covid-19 dan absen panjangnya Marquez menjadi faktor munculnya kejutan tersebut.

Menurut pembalap penguji Yamaha, Cal Crutchlow, kendati kejuaraan dunia MotoGP berikutnya berjalan dalam situasi normal, tren kejutan pemenang bakal tetap terjadi.

‘’Saya pikir kita bakal menyaksikan banyak pembalap bergantian naik podium sepanjang tahun depan karena semua pada dasarnya mengendarai motor pabrikan,’’ tutur Crutchlow kepada Autosport.

Mantan pembalap Yamaha, Ducati dan Honda itu memuji CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta yang telah melakukan pekerjaan fantastis terhadap aturan yang membuat balapan menjadi sengit, kompetitif, dan bertarung hingga akhir.

‘’Semua pembalap punya motor bagus sekarang. Sejumlah pembalap bisa membalap dengan ban baru, beberapa tidak, tetapi mereka yang berada dalam posisi itu akan menjadi lebih bijak dalam memakai ban sehingga bisa tampil lebih kompetitif,’’ papar Crutchlow.

Tanpa Marquez pada beberapa balapan awal musim 2021 membuat perebutan titel kampiun dunia lebih terbuka. Semua tim pabrikan memiliki kans yang seimbang.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.