in

Potensi Anak Harus Digali Maksimal

 

HALO JEPARA – Potensi anak-anak harus digali secara maksimal dengan menyediakan ruang untuk tumbuh kembangnya.

Hal tersebut dikatakan Bupati Jepara Dian Kristiandi, saat menyerahkan hadiah kepada anak-anak pemenang Creative Building Competition Piala Bupati Jepara tahun 2021.

Dalam acara yang berlangsung di rumah dinasnya, Kamis (10/6) bupati didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara, Arif Darmawan dan Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Jepara, Haryanto.

Creative Building Competition, digelar oleh Robot Anak Indonesia (Robotasia), sebuah pusat pembelajaran robotik dan komputer di Jepara, dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun ini.

“Kami selalu memberi dukungan terhadap kegiatan yang menumbuhkembangkan potensi anak. Terima kasih kepada para penyelenggara yang memberi ruang eksplorasi dan membimbing kemampuan anak-anak,” kata Dian Kristiandi, di depan para pemenang yang didampingi penyelenggara kegiatan, kepala sekolah, dan orang tua.

Menurut Andi, pada setiap keberhasilan anak, ada bagian peran sekolah yang memberi ruang dan kesempatan agar ke depan mereka bermanfaat. Sementara di rumah, orang tua berperan luar biasa dan dominan dalam memberi ruang anak agar semangat belajarnya terjaga.

“Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, semoga ke depan anak kita semakin kreatif dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk selalu belajar. Pemerintah akan selalu memberi dukungan karena prestasi seperti ini pun untuk nama Jepara. Pata pendahulu Jepara menjadi tokoh terkenal sampai tingkat internasional. Semangat untuk berprestasi seperti para pendahulu harus terus dibangun,” kata Andi yang kemudian memberi selamat anak-anak, orang tua, dan para guru yang selalu memberi dorongan prestasi.

Dengan ruang-ruang ini, anak-anak bisa menunjukkan ukuran kualitas anak Jepara yang akan berkontribusi pada wilayah dan negeri.

Direktur Teknologi dan Kurikulum Robotasia Ali Muzaqqi mengatakan, Creative Building Competition 2021 diawali kegiatan-kegiatan latihan daring sepanjang tahun 2020.

Tahun ini, keinginan anak-anak bertemu dan berlatih bersama diwadahi dalam kompetisi yang berlangsung di Gedung NU Mlonggo. Kegiatan memanfaatkan momen Hardiknas itu diikuti 40 anak dengan protokol kesehatan.

 

“Ada 6 anak yang hadir di sini. Mereka merupakan yang terbaik dari sekolah-sekolah yang mengikuti kompetisi. Pemenangnya ada yang binaan kami, ada yang mandiri,” kata dia, seperti dirilis Jepara.go.id.

Mereka mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan. “Ke depan, kami harap mereka jadi inovator. Kami ingin membumikan inovasi kepada anak-anak sejak dini dan membawa mereka ke kancah teknologi masa depan. Kita tidak pernah tahu, ke depan akan seperti apa teknologi yang mereka hadapi. Tapi penting untuk membangun keinginan mereka untuk terus belajar dan berinovasi,” tandasnya. (HS-08)

Share This

Demak Zona Merah, Bupati Sebut Tingkat Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

Tingkatkan PADes, Pemdes Cepiring Mulai Menggali Potensi Desa