in

Portal Satu Data Blora Jadi Embrio Command Center

Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, Jumat (4/6) meluncurkan Portal Satu Data di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, Jumat (4/6) meluncurkan Portal Satu Data, yang disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), bekerja sama dengan OPD terkait.

Peresmian yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora tersebut, diikuti pula oleh Sekda Komang Gede Irawadi SE MSi, serta para Kepala OPD hingga para camat. Acara dilangsungkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Launching dilakukan Bupati dengan menekan layar video wall, yang terpasang di dalam ruangan, yang menampilkan video pendek profil portal Satu Data Blora.

Kepala Dinkominfo Blora, Drs Sugiyono MSi menyampaikan bahwa portal Satu Data Blora, adalah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah, yang masuk sebagai salah satu program 99 hari kerja Bupati Arief Rohman dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

“Satu Data ini memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman, bagi instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data. Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antarinstansi pusat dan daerah, secara terintegrasi,” ucap Sugiyono, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Selain itu menurutnya juga untuk mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

“Semua data pemerintahan, kondisi sosial, ekonomi, budaya hingga statistik kependudukan dan lain sebagainya, tersaji dalam portal ini. Pembaharuan datanya pun bisa dilakukan secara berkala. Jadi tidak hanya data dinamis, namun juga data statis. Portalnya bisa diakses melalui laman http://data.blorakab.go.id/,” tambah Sugiyono.

Sekda Komang Gede Irawadi SE MSi, menambahkan dengan adanya portal Satu Data Blora ini, diharapkan bisa menjadi embrio pendirian Command Center. Menurut Sekda, Blora memang butuh ketepatan data yang terintegrasi dengan seluruh OPD agar Bupati dalam menentukan kebijakan bisa sesuai sasaran.

“Apalagi Pak Bupati dan Bu Wakil sangat paham teknologi dan aktif di media sosial, sehingga data yang akurat sangat perlu kita sajikan, dalam command center,” ungkap Sekda.

Bupati Arief Rohman mengucapkan terima kasih dan berharap portal Satu Data Blora ini bisa terus dikembangkan dan dilanjutkan agar Command Center bisa benar-benar diwujudkan.

“Dulu sering dijumpai ketidaksamaan data di satu OPD dengan OPD lainnya. Sehingga tidak sinkron dan dalam menyalurkan program sering tumpang tindih hingga tepat tepat sasaran,” kata Bupati.

Dengan adanya Satu Data Blora ini, semoga hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi, tinggal klik dan control programnya dengan membuka portal lewat smartphone maupun nanti melalui Command Center. (HS-08)

Share This

Ganjar Dukung Kudus Dua Hari di Rumah Saja, Ajak Warga Berpartisipasi

Blora Kini Miliki Sistem Layanan Rujukan Terpadu untuk Penyandang Masalah Sosial