in

Popti Batang Ajak Warga Cegah Penyebaran Thalasemia

Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia (Popti) Batang membagikan balon dalam sosialisasi mengenai thalasemia di CFD Batang. (Foto : batangkab.go.id)

 

 

HALO BATANG – Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia (Popti) Batang intens menyosialisasikan pentingnya pencegahan terhadap penyebaran penyakit ini.

Para anggota Poptipun memanfaatkan hari bebas kendaraan bermotor, untuk membagikan balon, sebagai simbol ucapan terima kasih kepada para donor darah, yang peduli terhadap kelangsungan hidup penderita Thalassemia.

Ketua Popti Batang, Netty Wijayanti mengakui, masih banyaknya orang yang belum mengenal dan memahami dengan baik, apa itu Thalassemia.

Hal itulah yang membuat Popti untuk mengerahkan anggotanya, untuk melakukan sosialisasi pada warga yang sedang menghabiskan akhir pekannya di hari bebas kendaraan bermotor.

“Masih banyak yang belum paham, bahkan kurang peduli, padahal Thalassemia itu perlu diminimalisasi bahkan diputus penyebarannya, dengan melakukan cek darah dulu sebelum menikah,” katanya, saat menyosialisasikan pencegahan Thalassemia, di Alun-alun Batang, Kabupaten Batang, Minggu (19/5/2024).

Ia sangat mengapresiasi pada Dinas Kesehatan, PMI dan RSUD Batang yang telah mengupayakan ketersediaan komponen darah Leucodepleted, yang menimbulkan reaksi lebih rendah 38 persen daripada non Leucodepleted yang mencapai 62 persen.

“Dibandingkan kota tetangga, Batang jauh lebih siap dalam memenuhi kecukupan stok komponen darah Leucodepleted, yang sangat membantu para penderita Thalassemia,” ungkapnya, seperti dirilis batangkab.go.id.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batang, Didiet Wisnuhardanto memastikan, agar seluruh warga terkover BPJS Kesehatan.

Pihaknya intens mengupayakan Kabupaten Batang untuk tergolong dalam Universal HealthCoverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta.

“Kalau termasuk dalam UHC, otomatis mereka yang terindikasi Thalasemia, tetap mendapatkan perawatan kesehatan yang terlindungi BPJS,” ujar dia. (HS-08)

Meski Dapat Undangan, Awak Media di Kendal Tak Dibolehkan Meliput Kegiatan Silaturahmi Kapolda Jateng

Lepas Pemberangkatan 708 Calhaj, Bupati Pemalang Cek Langsung Kondisi Bus