in

PON XX Papua, Kesehatan Atlet dan Pendukung Jadi Fokus Perhatian Komisi E DPRD Jateng 

Salah satu atlet panjat tebing Pelatda Jateng sedang mengikuti peemusatan latihan persiapan PON Papua.

 

HALO SEMARANG – Pemberangkatan Kontingen Jawa Tengah menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tinggal menghitung hari. Pemantapan atlet dan pendukungnya menjadi fokus perhatian Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid menekankan kondisi kesehatan atlet. Sebab, hanya dengan kesiapan saja tidak cukup. Ia menggarisbawahi jika ada yang terpapar Covid-19, atlet tidak dapat berkompetisi.

“Kesehatan atlet harus dijaga benar-benar. Baik sebelum berangkat dan sudah di sana. Kalau sudah di sana kemudian positif itu fatal, tidak bisa main. Sehingga ini yang perlu diantisipasi serius,” ujar Hamid saat dikontak halosemarang.id, Selasa (21/9/2021).

Ketua Komisi Bidang Kepemudaan dan Olahraga ini tidak mau melihat persiapan atlet yang sudah berlatih jauh hari untuk mengikuti ajang empat tahunan itu runtuh apabila atlet jatuh sakit dengan indikasi Covid-19.

“Dari pengawasan kami, peserta PON yang terdiri dari atlet dan ofisial serta pendukungnya sudah siap secara keseluruhan dalam kaitan teknis, peralatan pertandingan,” katanya.

Dengan serius, ia memantau keseluruhan pemantapan atlet beserta pendukungnya. Hamid mengakui jika hingga detik ini, kondisi 441 atlet lebih dari yang ia perkirakan. Kesehatan atlet benar-benar terjaga, baik fisik maupun mentalnya.

Walau demikian, Hamid membeberkan, situasi pandemi sempat membuat dunia olahraga tidak bisa berkata-kata. Mau tidak mau, suka tidak suka penyesuaian dilakukan mengikuti protokol kesehatan ketat.

“Persiapan memang sudah ada yang jauh-jauh hari, bahkan ada yang satu tahun sebelumnya. Karena di masa pandemi, protokol kesehatan sempat menjadi sebuah hambatan, sedini mungkin harus ada tes Covid,” ucapnya.

Menyinggung soal target raihan medali, ia menyerahkan sepenuhnya kepada atlet. Namun, melihat keseriusan atlet saat menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda), menurutnya mampu mendulang medali.

Target itu, sambungnya seperti yang telah diperkirakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng.

“Banyak targetnya, kalau di KONI Jateng mentargetkan di lima besar dengan 46 emas,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun halosemarang.id, Kontingen Provinsi Jateng menuju PON XX Papua akan diberangkatkan secara bergelombang, menyesuaikan jadwal pertandingan. Sebagian besar atlet akan berangkat tanggal 30 September mendatang.(HS)

Share This

Incar Hooker atau Ferguson

Hari Pertama Operasi Patuh Candi, Satlantas Polrestabes Semarang Gelar Baksos Dan Vaksinasi