PON XX 2021, Jawa Tengah Target Tiga Emas di Cabang Silat

Atlet silat Jawa Tengah sebelum latihan. (Foto: istimewa).

 

HALO SPORT – Jawa Tengah membidik tiga emas dari cabang silat di ajang PON XX/Papua 2021. Demi memenuhi target itu, sembilan atlet yang dipersiapkan tersebut menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) di Salatiga.

Mereka juga akan menjalani try out setelah Lebaran untuk pematangan persiapan sebelum berlaga di Papua.

Persaingan ketat di cabang itu menjadikan Jateng tak memasang target muluk. Pelatih Silat Slamet Haryo Mulyanto menuturkan, Jateng tak bisa meremehkan pesaing dari Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

- Advertisement -

“Pada PON terakhir, Jateng meraih dua emas di cabang silat. Di PON Papua, kami berharap bisa mendapatkan tiga emas. Tidak mudah memang untuk membidiknya karena persaingan yang ketat dari DKI, Jatim dan Jabar. Namun kami akan bekerja keras memenuhi target itu,” kata Slamet Haryo kepada halosemarang.id, Senin (3/5/2021).

Pelatda silat, seperti cabang-cabang lain, sesungguhnya sudah dilaksanakan sejak Oktober 2019 karena PON digelar pada 2020. Karena pandemi Covid-19, PON mengalami penundaan dan semua atlet dipulangkan.

“Mereka tetap menjalani latihan secara mandiri. Latihan dilakukan virtual sehingga selalu dalam pantauan. Setelah PON diputuskan dilaksanakan pada 2021, mereka dipanggil kembali menjalani pelatda mulai Oktober tahun lalu,” ujar pelatih asal Klaten ini.

Menurut dia dalam situasi pandemi, pelatda dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Para atlet juga sempat mengikuti try in dengan pesilat dari DKI Jakarta.

Selanjutnya, mereka akan melakukan try out dengan mengikuti kejuaraan di beberapa daerah usai Lebaran. Paling tidak ada tiga kejuaraan yang diikuti, yaitu di DKI, Jabar dan Bali, oleh atlet silat itu.

“Kejuaraan untuk kategori seni. Kalau untuk tanding masih belum memungkinkan. Dari tiga try out ini kami bisa melakukan evaluasi sebelum berlaga di Papua,” ucap Slamet Haryo.

Para atlet Jateng yang mengikuti pelatda, Nadia Haq Umami Nur (kelas B putri), Faradillah Rahman Ajeng (kelas F putri), Della Kusumawati (kelas C putri), Triana Ragil Rahmayani (kelas D putri) dan Zidni Rahma Amali yang tengah mengikuti pelatnas.

Sedangkan di bagian putra, yaitu Khoirudin Mustakim (kelas B), Barata Yuda (kelas C), Sapto Purnomo (kelas F) dan Annas Rais Arni (kelas G).

“Zidni Rahma sesungguhnya menjadi harapan meraih emas. Namun dia sempat mengalami cedera sehingga tidak didaftarkan untuk kategori tanding. Dia akhirnya tampdil di seni. Hanya di tim nasional, dia dipersiapkan untuk tanding,” kata Slamet Haryo yang pernah menyumbang perunggu bagi Jateng di PON XIV-2004 Palembang.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.