in

Polsek Tembalang Amankan Puluhan Mercon dan Bahan Baku Petasan Seberat 2,6 Kg

Barang bukti petasan diamankan di Mapolsek Tembalang Senin (3/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Unit Reskrim Polsek Tembalang berhasil mengamankan puluhan petasan siap edar serta bahan baku petasan seberat 2,6 kg di Perum Griya Borobudur, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Tembalang pada Minggu (2/5/2021) sekitar pukul 02.30 WIB.

Hal itu terungkap saat Unit Reskrim Polsek Tembalang melakukan patroli, kemudian menemukan anak di bawah umur sedang bermain petasan.

“Kita dapati tiga petasan ukuran jumbo, 17 ukuran besar, dan 20 ukuran sedang,” kata Kapolsek Tembalang, Kompol R Arsadi F saat konferensi pers di Mapolsek Tembalang, Senin (3/5/2021) siang.

Arsadi mengungkapkan, pelaku bernama MZ (15) masih di bawah umur mengaku menjual petasan lewat online dan COD (cash on delivery).

“Pelaku seorang pelajar berinisal MZ berumur 15 tahun, kemudian kita lakukan pendataan dan mengamankan barang bukti lainya seperti kertas dan bahan baku mercon seberat 2.5kg,” ucap Arsadi.

“Ini dijual secara online dan mereka membeli serbuk mercon juga secara online. Jadi 1 kg harganya berkisar Rp 130 ribu dan kalau petasan yang sudah jadi harga bervariasi mulai dari Rp 25 ribu,” tambahnya.

Arsadi mengimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah Tembalang untuk tidak bermain petasan, karena dapat membahayakan dan mengganggu warga sekitarnya.

“Ini kalau dinyalakan di lapangan daya getarnya bisa mencapai radius 500 meter untuk petasan ukuran jumbo,” tuturnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, pelaku dapat dikenakan Undang-undang darurat nomor 12 pasal 1 ayat 1 tahun 1951 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.(HS)

Share This

Tetapkan Pemenang Seleksi, Menkominfo: Mari Bersama Majukan Industri Penyiaran

Mayday, Rumah Kreatif Film Kendal Gelar Nobar Film Cerita Buruh