in

Polsek Semarang Timur Lakukan Patroli Amankan Rumah Warga yang Ditinggal Mudik

Kapolsek Semarang Timur, Iptu Iwan Kurniawan saat memimpin patroli cek keamanan rumah warga yang ditinggal mudik, Rabu (19/4/2023) malam.

HALO SEMARANG – Personel Polsek Semarang Timur melakukan patroli di sejumlah wilayahnya pada Rabu (19/4/2023) malam. Kegiatan ini dilakukan untuk mengamankan rumah warga yang ditinggal mudik.

Patroli dipimpin langsung oleh Kapolsek Semarang Timur, Iptu Iwan Kurniawan. Sejumlah personil kepolisian bersenjata mengecek keamanan rumah yang memiliki daerah sepi dan berpotensi bisa dimanfaatkan penjahat.

“Ini patroli yang kami tingkatkan mulai awal Bulan Ramadhan lalu. Khusus mulai masa mudik lebaran, kami terus melakukan koordinasi dengan warga, baik yang mudik maupun yang tidak mudik,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Iwan menjelaskan, seluruh anggota Bhabinkamtibmas telah berkoordinasi dan melakukan sosialiasasi agar warga yang mudik melapor ke RT setempat. Menurutnya, hal ini guna pendataan agar wilayah yang mudik bisa diprioritaskan.

“Untuk warga yang mudik, kami himbau untuk melapor ke RT, agar dapat dilaporkan ke Polsek, melalui Bhabinkamtibmas. Dengan begitu, kami dapat monitoring perumahan atau pemukiman yang sepi karena ditinggal mudik,” bebernya.

Selanjutnya, Kapolsek Semarang Timur menghimbau kepada penjaga perumahan untuk segera melapor manakala ada orang yang bukan warga sekitar, berada dalam lingkungannya.

“Kami juga memastikan bahwa penjaga perumahan mempunyai nomor polsek atau anggota bhabinkamtibmas setempat. Kalau memang ada orang mencurigakan atau aksi kejahatan, dapat segera melapor, tanpa bertindak sendiri,” terangnya.

Disisi lain, Iwan meminta agar warganya bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan dalam masa lebaran ini. Masyarakat juga bisa mendownload aplikasi Libas untuk meminta bantuan atau pelayanan kepolisian.

“Kami harap masyarakat juga sudah mendowlad aplikasi libas. Dimana di dalam aplikasi tersebut, ada fitur kentongan digital yang sangat bermanfaat untuk pengamanan dan pengawasan lingkungan,” imbuhnya. (HS-06)

20 Ahli Waris Linmas Telah Terima Bantuan Rp2 Juta dari Pemkab Kebumen

Dua Orang Luka Parah, Diduga Akibat Ledakan Mercon di Weleri Kendal