in

Polsek Pakis Aji Jepara Tekan Penyebaran Covid-19 Dengan Bagikan Masker Gratis Ke Warga dan Sosialisasikan Prokes 5M

Para personel Polsek Pakis Aji, melaksanakan sosialisasi prokes di kawasan Pasar Lebak, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Sabtu (09/10). (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO JEPARA – Berbagai upaya dilakukan jajaran Polres Jepara, untuk membantu penanganan wabah korona di wilayahnya. Seperti yang dilaksanakan beberapa polsek di bawah Polres Jepara, dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Sosialisasi protokol kesehatan, antara lain dilaksanakan oleh para personel Polsek Pakis Aji, di kawasan Pasar Lebak, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Sabtu (09/10).

Dalam kegiatan itu, petugas meminta agar warga mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Ketika menemui warga yang tidak mengenakan masker, petugas pun menyampaikan teguran, memberikan alat pelindung diri tersebut, dan meminta warga bersangkutan segera memakainya.

Kapolsek Pakis Aji Iptu Budiyanto, mengatakan pihaknya akan terus mengimbau warga, agar tak lupa memakai masker, setiap keluar rumah.

“Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun dan mengurangi mobilitas. Kita lawan virus Corona dengan kedisiplinan diri,” kata dia.

Upaya mendisiplinkan warga agar menerapkan prokes, juga dilaksanakan personel Polsek Welahan, di seputaran Pos Gerai Masker Pasar Welahan, Sabtu (09/10). Dalam razia tersebut, sejumlah warga kedapatan tidak memakai masker.

Kapolsek Welahan AKP Susiyanto mengatakan pihaknya tidak akan berhenti mendisiplinkan masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 utamanya di Kabupaten Jepara.

Tak hanya melakukan pendisiplinan, namun anggota juga terus mensosialisasikan penerapan prokes dan anggota memberikan masker gratis terhadap pelanggar prokes.

“Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang protokol kesehatan harus diterapkan setiap saat, apalagi saat sedang keluar rumah”, imbuhnya.

Operasi yustisi dan pembagian maskes juga dilaksanakan Polsek Mlonggo di wilayahnya, Sabtu (09/10).

“Hari ini kami, personel Polsek Mlonggo memberikan imbauan secara humanis dan membagikan masker, guna membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan masker, pembagian masker dilakukan di Wilayah Mlonggo Jepara,” kata Kapolsek Mlonggo Iptu Sudi Tjipto.

Menurut dia. penggunaan masker akan efektif untuk mencegah penularan Covid-19, apabila diikuti mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Vaksinasi

Selain mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, Polri juga menggelar vaksinasi Covid-19 di sejumlah tempat. Kegiatan Gerai Vaksin Presisi tahap I dan tahap 2, terhadap siswa/siswi di MTS Miftahul Huda, Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Sabtu (09/10).

Kapolsek Donorojo Iptu M Teguh P mengatakan, dalam kegiatan yang diikuti 79 siswa itu, pihaknya menurunkan personel, untuk mastikan proses vaksinasi tersebut berjalan aman, tertib dan lancar.

Dalam kegiatan itu, personel Polsek Donorojo juga menyampaikan imbauan kamtibmas, serta memberikan pemahaman agar warga selalu menerapkan protokol kesehatan.

Dukungan juga diberikan oleh Polsek Karimunjawa, pada kegiatan vaksinasi tahap II oleh Polres Karimunjawa, Sabtu (09/10)

Kapolsek Karimunjawa Iptu Dasiyo menyampaikan, kegiatan monitoring dimaksud agar dapat mengawasi secara dekat pelaksanaan vaksin dapat berjalan tertib dan menerapkan protokol kesehatan dengan harapan warga masyarakat yg melaksanakan vaksin bisa mematuhinya dalam rangka upaya percepatan penanggulangan penyebaran Covid 19 di wilayah Jepara terutama Karimunjawa.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Karimunjawa Iptu Slamet Raharjo, juga mengimbau agar peserta tetap mematuhi protokol kesehatan. (HS-08)

Share This

Datangi Pasar Kajen, Belasan Personel Polres Pekalongan Bagikan Masker Gratis

Manfaatkan Sampah Botol Plastik, Marimas Beri Sentuhan Pembuatan Taman Ecobrick Kota Semarang