in

Polri Turunkan Tim Usut Kasus Ledakan di Kilang Pertamina Dumai

Kebakaran Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit II Dumai, Sabtu (1/4/23) malam. (Foto : tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, menyatakan Polri telah menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan, usai terjadinya ledakan di Kilang Pertamina RU II Dumai, Sabtu malam sekira pukul 22.40 WIB lalu.

“Beberapa jam lalu ada ledakan di Dumai dan saat ini Kapolres dan pihak terkait telah melakukan pencegahan,” ujar Kapolda Riau, seperti dirilis tribratanews.polri.go.id, Minggu (2/4/2023).

Dia mengatakan, segera setelah peristiwa itu, api dapat dipadamkan dan pihak-pihak terkait juga tengah menenangkan masyarakat sekitar.

“Memang ada beberapa korban, namun hingga kini belum ada tercatat korban jiwa dalam kejadian ini,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui terjadi dentuman keras disertai getaran kuat, berasal dari dalam kawasan Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, pada Sabtu malam sekitar pukul 22.40 WIB.

Peristiwa itu sontak membuat warga yang terdekat dengan kilang minyak, yaitu di Kelurahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas, berhamburan keluar rumah.

Sesaat kemudian, ratusan warga berdesakan di pintu gerbang kilang minyak, untuk melihat kondisi sebenarnya.

Aparat Polri dan TNI pun, langsung melapisi penjagaan, untuk mencegah warga yang antusias mendekat.

Selain itu, terpantau arus lalu lintas di sekitar kilang minyak di Jalan Putri Tujuh menjadi macet total karena banyak kendaraan berhenti.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, mengatakan penyidik Polri terlebih dahulu mendalami informasi terkait kejadian tersebut, termasuk untuk mengetahui kemungkinan adanya unsur kelalaian dalam peristiwa itu.

Menurut dia, penyelidikan akan dilakukan sesuai protap, seperti di Depo Plumpang, Jakarta Utara.

“Kami pastikan informasinya dan bila benar, protap seperti tempat kejadian perkara di Plumpang akan kami laksanakan (penyelidikan),” kata Sandi, Minggu (2/4/2023). (HS-08)

Ranjau Darat, Warisan Perang yang Mematikan

Singgung Nama Ahok, Legislator PKB Ini Pertanyakan Manajemen Pertamina