in

Polri Tegaskan Uji Emisi Tidak Jadi Syarat Perpanjang STNK

tribratanews.polri.go.id

 

HALO SEMARANG – Kepolisian mengungkapkan bahwa uji emisi kendaraan tidak menjadi syarat untuk perpanjang STNK.

Hal tersebut meluruskan informasi, perihal surat lolos uji emisi menjadi syarat perpanjang STNK.

“Enggak, enggak ada. Syarat perpanjangan surat kendaraan tetap, enggak ada uji emisi menjadi syarat,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, baru-baru ini seperti dirilis tribratanews.polri.go.id.

Dirlantas mengungkapkan bahwa syarat perpanjang STNK masih sesuai undang-undang, yaitu STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, KTP asli pemilik kendaraan sesuai STNK dan BPKB beserta fotokopi.

Menurutnya, mencantumkan uji emisi menjadi syarat perpanjangan STNK akan mengubah aturan yang ada.

“Itu aturan, nanti mengubah undang-undang. Enggak kalau itu enggak ada, untuk pendaftaran kendaraan pajak kendaraan, tetap mengacu pada aturan yang ada. Selama ini uji emisi tidak menjadi persyaratan. Kita tidak menerapkan itu,” kata dia.

Berbeda

Untuk diketahui, sikap Polri ini berbeda dengan sejumlah pihak lain yang menghendaki uji emisi menjadi salah satu syarat perpanjangan STNK.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, Tuty Ernawati Sapardin mengatakan bahwa hasil uji emisi akan menjadi persyaratan untuk perpanjangan STNK atau pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sebab, hasil uji emisi ini akan masuk basis data yang berlaku selama satu tahun.

“Nanti kalau mau perpanjang STNK pakai hasil uji emisi ini, kan masa berlaku satu tahun,” kata Tuty.

Wacana uji emisi jadi syarat perpanjangan STNK juga sempat dilontarkan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan, kendaraan yang tidak lulus uji emisi tidak bisa memperpanjang STNK dan jika pajak tidak diperpanjang, maka data kendaraan akan dihapus serta dianggap bodong.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar.

Dia menjelaskan bahwa uji emisi menjadi syarat untuk memperpanjang STNK dan nantinya setiap kendaraan yang telah menjalani uji emisi bakal diberikan stiker penanda.

“Uji emisi itu harus dilakukan nanti bersama-sama Polri, Polda, dan Pemda. Jadi kami akan lakukan. Caranya adalah diuji emisinya, lalu diberi stiker kalau sudah lulus. Ini akan menjadi syarat untuk perpanjangan STNK,” kata Siti di Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023. (HS-08)

Jaga Keamanan Pemilu, Satuan Samapta Polres Brebes Intensif Patroli Bawaslu

Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital