in

Polri Siapkan Pengamanan Kampanye Terakhir Capres 01 dan 02, Kabaharkam Imbau Jaga Ketertiban

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran. (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Polri siap mengamankan kampanye akbar calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), pasangan calon (paslon) nomor urut 01 dan 02, di Jakarta, Sabtu (10/2/2024) mendatang.

Pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan melakukan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Sementara pasangan 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Kedua stadion bertaraf internasional ini dipisahkan jarak 18 kilometer.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran, mengatakan pihaknya telah menyiapkan skema pengamanan kampanye akbar tersebut.

“Itu untuk pengamanan rute, pengamanan jalur, pengamanan di lokasi, sudah kita lakukan semaksimal mungkin dengan baik, agar tidak ada overlap massa dari kedua pasangan,” kata Fadil, di Lapangan Satlat Korbrimob Polri, Cikeas, Bogor, Rabu (7/2/2024), seperti dirilis humas.polri.go.id.

Fadil mengimbau kepada tim dari masing-masing paslon, untuk tetap menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian. Tujuannya, agar tidak timbul kesalahpahaman.

“Kami mengimbau kepada tim sukses dari masing-masing pasangan calon untuk terus membangun koordinasi dan komunikasi yang baik sehingga pengaturan jalur ini tidak bermaksud untuk mengintervensi, namun lebih kepada kelancaran dan tertibnya para pendukung dari dan kembali ke kediaman masing-masing,” ucap dia.

“Polisi akan selalu humanis, mengedepankan tindakan-tindakan pengaturan agar terjadi ketertiban,” jelasnya.

Kampanye Ganjar

Sementara itu diperoleh keterangan pula, bahwa paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, akan memilih Kota Solo dan Semarang sebagai lokasi terakhir kampanye pasangan capres-cawapres, Sabtu (10/2/2024),.

Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid, dalam jumpa pers di Solo, Rabu (7/2/2024) mengatakan kedua kota tersebut memiliki makna khusus bagi paslon 03 dan masyarakat.

Makna tersebut adalah karena dalam 15 tahun terakhir, ada dua kemunculan tokoh luar biasa dari Jateng, yakni dari Kota Solo dan Semarang. Dua tokoh itu adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar Pranowo.

Dia menyebut, kedua tokoh itu memiliki karakter kepemimpinan dari rakyat. Maka dari itu kampanye akbar Ganjar – Mahfud akan diberi tajuk “Hajatan Rakyat”.

Pemilihan Semarang dan Solo juga melambangkan bahwa kepemimpinan dari Jokowi akan dilanjutkan, diperkuat, dan diperbaiki ketika Ganjar terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024.

“Jadi ini simbol. Pertama, Pak Jokowi dari Solo, kemudian Mas Ganjar dari Semarang. Dan, nantinya akan sama-sama berujung di Istana,” papar Arsjad.

Lebih lanjut Arsjad mengatakan baik Jokowi maupun Ganjar, adalah pemimpin yang lahir dari rakyat.

“Ini simbol melanjutkan kepemimpinan. Karena sama-sama kepemimpinan dari rakyat,” ucap dia. (HS-08)

Kunjungi Kementerian PUPR, Tim FT UGM Diperkenalkan Konsep Penataan Kawasan Humanis dan Ramah Lingkungan

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Kamis (8/2/2024)