in

Polri Siap Amankan Rumah Kosong saat Mudik Lebaran

Karo penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto : humas.polri.go.id)

 

 

HALO SEMARANG – Polri memastikan akan melakukan pengamanan saat periode mudik Lebaran 2024 melalui Operasi Ketupat 2024.

“Tentunya apa yang telah dilakukan oleh Mabes Polri, bagian daripada kepala operasi pusat maupun kepala operasi daerah sampai polda-polda akan melakukan pengamanan-pengamanan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa (19/3/2024), seperti dirilis humas.polri.go.id.

Salah satu pengamanan yang dilakukan, adalah menjaga rumah-rumah warga yang kosong, karena ditinggal mudik saat Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Terkait rumah-rumah yang ditinggalkan maupun bencana alam, Polri tetap akan hadir (melakukan pengamanan) dalam Operasi Ketupat ini,” ucapnya.

Trunoyudo mengatakan dalam operasi kemanusiaan ini, pihaknya tidak bisa berkerja sendiri.

Dia meminta dukungan dari seluruh stakeholder terkait hingga masyarakat agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) bisa berjalan lancar.

“Harapannya selama ibadah Ramadan pada saat mudik, Idul Fitri, hingga arus balik dilaksanakan secara aman,” tuturnya.

Untuk diketahui,

Korps Lalu Kintas (Korlantas) Polri menyatakan bahwa operasi dengan sandi Operasi Ketupat 2024 akan mulai digelar H-7 lebaran.

Operasi Ketupat 2024 akan diselenggarakan selama dua minggu.

“Operasi Ketupat akan digelar sejak 4-16 April 2024,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan beberapa waktu lalu, seperti dirilis  tribratanews.polri.go.id .

Menurut Kakorlantas, pihaknya akan lebih dulu memulai kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD), sebelum Operasi Ketupat digelar.

KRYD akan diberlakukan seminggu sebelum dan sesudah Operasi Ketupat 2024.

“Sejak tanggal 28-3 April kami lakukan terlebihb dahulu kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sebagai bentuk antisipasi,” jelas Kakorlantas.

Lebih lanjut dijelaskan Kakorlantas, pihaknya telah melakukan pemetaan potensi kerawanan saat mudik, yakni di jalan tol, arteri atau tempat wisata, dan jalur menuju penyeberangan.

Bahkan, cara bertindak untuk mengatasi kerawanan itu telah disusun dan dikoordinasikan bersama stakeholders terkait. (HS-08)

Pemerintah Matangkan Persiapan Hari Raya dan Mudik Idul Fitri 1445

Menjelang Lebaran, Pemkab Rembang Fasilitasi Warganya di Jakarta Mudik Gratis