in

Polri dan TNI di Banjarnegara Gelar Kampanye Prokes hingga Vaksinasi Massal

Petugas Polres Banjarnegara menegur pengendara yang tidak memakai masker, sekaligus memberikan alat pelindung tersebut untuk segera dipakai. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO BANJARNEARA – Polres Banjarnegara bersama TNI Kodim 0704/ Banjarnegara dan Satpol PP Kabupaten Banjarnegara, bersinergi melakukan berbagai upaya menangani wabah Covid-19, mulai dari operasi yustisi kampanye protokol kesehatan, membagi masker secara gratis, menyebar pamflet aturan PPKM Level 3, hingga menggelar vaksinasi massal, Kamis (26/8).

“Operasi Yustisi di tempat keramaian dengan sasaran, Pasar Salak, Pasar Induk, Alun-alun Banjarnegara, pusat kuliner di Banjarnegara, toko modern minimarket, angkringan dan pedagang kaki lima, kafe, Stadion Banjarnegara, dan Taman Kota Banjarnegara,” kata Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto SH SIK MH MSi melalui Kabag Ops Kompol Sardoyo SH MH, Kamis (26/8).

Dia mengungkapkan, operasi yustisi dilakukan melalui penerangan keliling sosialisasi PPKM Level 3, dan mengajak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

Dalam kegiatan itu, petugas juga membagikan masker secara gratis, menegur warga yang tidak taat pada protokol kesehatan, dan menutup toko yang melebihi batas waktu operasional.

Petugas juga menyampaikan imbauan dan penyuluhan kepada pemilik usaha kuliner, agar tidak melayani makan di tempat.

“Kami juga menutup berapa ruas jalan,” kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Dia mengimbau, masyarakat agar selau menaati aturan PPKM Level 3 dan protokol kesehehatan.

“Mari kita budayakan protokol kesehatan serta dukung percepatan penanganan Covid-19,” kata dia.

Berkaitan dengan pemakaian masker, dia mengatakan akan efektif jika diikuti protokol kesehatan lainnya, yakni mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Agar penggunaan masker efektif, protokol kesehatan harus selalu diterapkan,” tuturnya.

Bagi Sembako

Selain melakukan operasi yustisi dan penerangan keliling, Polres Banjarnegara juga membagikan paket sembako dari Pemerintah, kepada warga kurang mampu yang terdampak PPKM Level 3.

Kasat Binmas AKP Rusmiyatun SE mengatakan kegiatan bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian Polri terhadap warga, di tengah pandemi Covid-19, khususnya di masa PPKM Level 3.

“Selain menegakkan aturan PPKM Level 4, kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak,” katanya.

Ia menjelaskan, penyaluran paket sembako akan terus digelar sampai hari terakhir PPKM Level 3 dengan sasaran tempat berbeda-beda.

“Hari ini kami membagikan paket sembako yang berisi Beras, Mie Instan dan minyak goreng untuk kebutuhan sehari-hari sebagai langkah membantu Pemerintah menangani Pandemi Covid19,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu dan memberikan semangat serta motivasi kepada masyarakat yang terdampak.

“Semoga bermanfaat dan membantu dalam memenuhi kebutuhan ekonominya,” tuturnya.

Ia mengimbau, masyarakat tetap mematuhi aturan PPKM Level 3 dan protokol kesehatan.

“Berkurangnya mobilitas masyarakat semoga bisa menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Wilayah Banjarnegara,” kata dia.

Vaksinasi

Sementara itu, hari ini Polres Banjarnegara juga menggelar vaksinasi massal di Ponpes Tanbighul Ghofilin Mantrianom Banjarnegara.

“Masyarakat yang hendak melaksanakan vaksin Covid-19, silahkan datang ke gerai vaksin,” kata Kabag Sumda Kompol Nanang Aris Widodo SH.

Ia menjelaskan, vaksinasi massal menyasar masyarakat Banjarnegara, khususnya yang belum mendapatkan suntikan vaksin.

“Tempat vaksinasi akan berpindah-pindah agar bisa langsung menjangkau masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, gerai vaksinasi massal ini merupakan langkah Polri mendukung program vaksinasi Nasional untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity masyarakat.

“Vaksinasi dilakukan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19, harapanyya masyarakat kembali pulih, ekonomi pulih dan segera normal kembali,” ucapnya.

Meski sudah divaksin, dia mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M. “Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” kata dia. (HS-08)

Share This

Masih Ada Korona, Polres Grobogan Semprotkan Disinfektan dan Salurkan Bantuan

Jadwal Belum Keluar, Imran: PSIS Tetap Fokus Tatap Kompetisi BRI Liga 1