in

Polri Bakal Kawal Kepulangan Jenazah Eril hingga ke Pemakaman

Foto : Tribratanews.polri.go.id

 

HALO SEMARANG – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal mengawal proses kepulangan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, hingga ke pemakaman di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes. Pol Gatot Repli Handoko SIK, mengungkapkan pengawalan akan dilakukan dari mulai tiba di bandara, hingga menuju rumah duka dan proses pemakaman.

“Tentunya Polri nanti tetap akan memberikan back-up berupa pengawalan dari mulai bandara sampai ke rumah duka,” kata Kabag Penum, Sabtu (11/06/22).

Pengawalan, sambung Gatot, bakal dilaksanakan oleh Polda Jawa Barat. Menurut informasi, jenazah Eril diperkirakan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kemudian, jenazah dibawa ke rumah duka di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, dan rencana pemakaman dilaksanakan Senin (13/06/22) pagi di Kabupaten Bandung.

“Informasinya (jenazah) tiba besok jam 10-an, di bawa ke Gedung Pakuan, dan pemakaman rencana Senin pagi, di Kabupaten Bandung, di Cimaung, dekat rumah botol atau rumah pribadi Pak Gubernur,” ungkap Kabag Penum.

Menurut Kabag Penum, pengawalan itu bukan permintaan khusus keluarga melainkan inisiatif Polri sebagai bentuk hadirnya negara dalam membantu warga negara yang mengalami musibah.

“Tanpa diminta pun Polri pasti akan memberikan back-up,” terang Kabag Penum.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Duta Besar RI untuk Swiss untuk memberikan dukungan penuh, terkait proses pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam. Tapi juga alhamdulillah sudah ditemukan, saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, pada Dubes, untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan insyaallah segera bisa terlaksana pemulangan jenazahnya,” ungkap Presiden.

Sebelumnya pada Kamis (9/6) kemarin, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad, menyampaikan kabar penemuan jenazah di area Bendungan Engehalde oleh Kepolisian Bern sekitar pukul 06.50 waktu setempat atau 11.50 WIB.

Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah jasad Eril.

“Pada hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau Ananda Eril,” ujar Muliaman Hadad dalam konferensi persnya.

Emmeril Kahn Mumtadz diketahui hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu. (HS-08)

PPIH Arab Saudi Siapkan Hotel Isolasi Jemaah Terpapar Covid

BNPT Galang Kerja Sama dengan Berbagai Negara Lawan Terorisme