in

Polres Pati Berinovasi Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO PATI – Jajaran Polres Pati, terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam pengurusan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Selain terjangkau dalam akses, pelayanan juga semakin mudah, cepat, dan transparan.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing, menyatakan SKCK merupakan bagian dari pelayanan publik yang terus ditingkatkan pelayanannya. Untuk memenuhi itu, pihaknya melakukan perbaikan sarana prasarana, regulasi, dan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi (TI).

“Upaya meningkatkan kualitas dan memperbaiki indeks pelayanan publik, terus kami lakukan. Karena kami sedang mempersiapkan zona integritas untuk menuju wilayah bebas korupsi (WBK),” kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Beragam upaya yang ditempuh, meliputi pemenuhan komponen standar pelayanan, maklumat pelayanan, melaksanakan survei kepuasan masyarakat, dan kompetensi.

Sejalan dengan itu, didukung kelayanan ruang parkir, ruang tunggu pelayanan, dan pengguna berkebutuhan khusus.Termasuk melengkapi sarana penunjang front office, media konsultasi, pengaduan, dan inovasi.

Kapolres pun menerbitkan maklumat tentang standar pelayanan pada Satuan Intelkam Polres Pati.

Maklumat Kapolres Pati Nomor Mak/1514/VII/HUK.7.1/2021 berisi pernyataan kesanggupan menyelenggarakan pelayanan sesuai standar yang ditetapkan.

Pelayanan yang dimaksud yakni SKCK, SKCK online, SKCK keliling, dan SKCK delivery.

Selain itu surat izin kegiatan masyarakat, rekomendasi perizinan bahan peledak komersial, penerbitan surat tanda melapor (STM), dan rekomendasi perizinan senjata api non-organik.

Dalam pelayanan SKCK pihaknya juga mengedepankan keterbukaan.

Masyarakat dikenakan biaya Rp 30 ribu dan pembayaaran dilakukan melalui EDC atau Qr dari BRI yang dapat dibayar pemohon melalui Go Pay, Ovo, Shopeepay, Dana, dan Link Aja.

Untuk mengetahui respon masyarakat, dalam pelayanan SKCK juga disediakan perangkat pengukur indeks kepuasan masyarakat (IKM).

Adapun hasil survei pada Januari hingga Juli 2021 menunjukkan nilai rata-rata IKM 85,7.

Sementara, pelayanan secara online sejauh ini dilakukan melalui aplikasi Pelayanan Andal, Santun, Inovatif Polres Pati (Pasopati).

Aplikasi yang dapat diunduh di Google Playstore itu antara lain meliputi layanan di Satuan Reskrim, Satuan Lantas, Satuan Intelkam, dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). (HS-08)

Share This

Disnaker: Perusahaan Menunggak Bayar BPJS, Subsidi Gaji Rp 1 Juta untuk Karyawan Tak Cair

Cegah Kerumunan, Personel Polres Batang Bagikan Bantuan Langsung ke Rumah Warga