in

Polres Klaten Vaksin 4.000 Warga, Peserta Pakai Masker Lapis Ganda

Tenaga kesehatan dari Polres Klaten, melakukan vaksinasi kepada masyarakat. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Pemakaian masker rangkap dua, mulai dibudayakan oleh Polres Klaten untuk mencegah penyebaran Covid-19, terutama varian delta.

Hal itu dilakukan pada kegiatan vaksinasi Covid-19, yang digelar Polres Klaten bersama polsek-polsek, di sejumlah tempat. Selain mewajibkan peserta mencuci tangan dan mengikuti pengukuran suhu tubuh dengan thermogun, mereka juga wajib memakai masker yang dibagikan petugas. Masker itu dipakai sebagai lapisan rangkap, selain yang sebelumnya telah dipakai peserta.

Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan vaksinasi massal ini, menyasar sekitar 4.000 warga di wilayah hukum masing-masing Polsek, di bawah Polres Klaten.

Kegiatan untuk menunjang percepatan vaksinasi tersebut, dilangsungkan di empat lokasi, yaitu di Balai Desa Kemudo Kecamatan Prambanan, GOR Gelarsena, Gedung Chandra Kirana Kecamatan Jatinom, dan Gedung Haji Kecamatan Delanggu.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan kegiatan ini merupakan program nasional Polri. Adapun 4.000 dosis vaksin yang dialokasikan, dibagi rata untuk seluruh Polsek.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah warga yang tervaksin. Kegiatan ini, sekaligus menjadi langkah penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten,” kata dia, saat meninjau lokasi vaksinasi, seperti dirilis Klatenkab.go.id.

Adapun sasaran vaksinasi kali ini, adalah masyarakat umum dengan usia 18 tahun ke atas. Dalam pelaksanaannya, masyarakat yang mengikuti vaksinasi massal tersebut, dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB, dan kelompok kedua dimulai pukul 09.00 sampai dengan selesai. Usai divaksin, peserta diminta untuk segera kembali ke rumah dan beristirahat.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya program vaksinasi Covid-19 massal yang digelar Polres Klaten. Hal ini sehubungan jumlah warga Klaten yang tervaksin masih jauh dari target 750 ribu warga atau 80 persen dari total populasi masyarakat Kabupaten Klaten.

“Saat ini baru sekitar 90 ribu yang sudah tervaksin, nanti akan di-update lagi datanya dengan tambahan vaksinasi massal di Gedung Sunan Pandanaran dan vaksinasi massal dari Polres Klaten,” paparnya.

Diharapkan dengan percepatan vaksinasi tersebut dapat meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap Covid-19. Sehingga kondisi Klaten dapat segera pulih. (HS-08)

Share This

Bupati Karanganyar Kunjungi Vaksinasi Massal 4000 di GOR RM Said

Vaksinasi Massal di Surakarta, Gibran : Akan Ada Vaksin Berlimpah