Polres Karanganyar Akan Pastikan Pemudik Patuhi Protokol Kesehatan

Kapolres Karanganyar, AKBP Dr Leganek Mawardi memimpin rakor lintas sektoral Operasi Lilin Candi 2020. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Polres Karanganyar akan memastikan para pemudik yang keluar melalui exit tol, mematuhi protokol kesehatan. Setiap kendaraan dari luar kota, akan dihentikan dan dicek oleh petugas.

Penegasan itu disampaikan Kasatlantas Karanganyar, AKP Maulana Ozar mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id, Jumat (18/12),

Dia mengatakan pemantauan akan dilakukan di exit Tol Ngasem, Klodran, Gondangrejo dan Kebakramat. Setiap kendaraan berpelat nomor luar kota, akan dihentikan.

Pada saat itu petugas gabungan dari unsur Polri, TNI, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan akan mengecek penggunaan masker pada semua orang di dalam kendaraan.

“Jika ada yang ketahuan tidak pakai masker, akan kami hentikan dan disarankan memakai masker. Jika tidak punya masker, maka akan kami beri gratis,” papar Kasatlantas.

Petugas juga akan menyosialisasikan pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. Semua upaya itu dilakukan demi menghambat penyebaran Covid-19.

Untuk warga yang sudah patuh pada protokol kesehatan, petugas akan mempersilakan untuk melanjutkan perjalanan. “Jika yang diperiksa sudah taat protokol kesehatan maka silahkan lanjutkan perjalanan,” lanjutnya.

Kasatlantas menegaskan di Karanganyar tidak diberlakukan karantina bagi pemudik, sehingga mereka tak perlu takut untuk melintas. Tetapi mereka harus tetap menaati protokol kesehatan.

“Ingat petugas hanya memantau dan bukan mengkarantina,” tegasnya.

Dijelaskan untuk posko pengamanan liburan Natal & Tahun Baru Polres Karanganyar menyiapkan sebanyak 8 titik yang akan efektif pada Senin (21/12). Setiap pos berisi 17 anggota dari berbagai dinas termasuk TNI. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.