in

Polres Jepara Gelar Latihan Penyegaran dan Pembinaan kepada Satpam di PLTU Tanjung Jati B

Satbinmas Polres Jepara memberikan pelatihan, penyegaran, dan pembinaan kepada Satpam PLTU Tanjung Jati B Jepara, Sabtu (25/5/2024). (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO JEPARA – Satuan Pembina Masyarakat (Satbinmas) Kepolisian Resor (Polres) Jepara memberikan pelatihan, penyegaran, dan pembinaan kepada Satuan Pengamanan (Satpam) Objek Vital Nasional (Obvitnas) PLTU Tanjung Jati B Jepara, Sabtu (25/5/2024).

Dalam pelaksanaan latihan, para satpam itu dilatih baris berbaris (PBB), pendalaman tongkat, senam borgol, bela diri Polri hingga pembinaan disiplin.

Menurut Kanitbinkamsa Satbinmas Polres Jepara Ipda Joko Suhaji, latihan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan perorangan personel Satpam yang mempunyai tugas untuk melakukan tindakan awal dalam mengamankan objek pengamanan.

“Ini merupakan keterampilan yang harus dimiliki Satpam dan kami berharap setiap anggota Satpam harus memiliki keterampilan dalam baris berbaris, tongkat dan borgol, bela diri hingga kedisiplinan,” kata dia, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Ia juga menjelaskan, pelatihan Satpam sudah menjadi program tetap Polres Jepara sehingga Satpam sebagai pengemban tugas fungsi Polisi terbatas dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Harapannya, keterampilan mereka makin mahir sehingga bisa digunakan untuk membantu menjaga keamanan di perusahaan tersebut saat mereka melaksanakan tugas, dan yang pasti tugas-tugas mereka itu juga membantu petugas polisi dilapangan,” bebernya.

Tampak dalam latihan seluruh anggota Satpam dengan penuh disiplin dan semangat mengikuti seluruh gerakan demi gerakan yang diarahkan oleh pelatih.

Secara terpisah, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa satpam yang ada di bawah naungan Polres Jepara secara rutin dan terjadwal mendapat pembinaan dan pelatihan dari Satuan Binmas, khususnya dari Unit Binkamsa yang membidangi pengamanan swakarsa.

“Satpam merupakan petugas pengamanan yang mengemban tugas kepolisian terbatas sesuai dengan fungsi dan peranannya,” ujar Ipda Puji.

Dia menambahkan, fungsi dan tugas pokok sebagai pembina satpam di kepolisian adalah Binmas.

Saat kegiatan, para satpam diberikan materi Polmas yang berisikan tentang fungsi satpam.

Yakni untuk membantu Polri dalam pembinaan keamanan dan penegakan hukum di lingkungan kerjanya. (HS-08)

Libur Waisak, Polisi di Boyolali Amankan Objek Wisata Panorama Desa Nepen

Ratusan Emak-emak Antusias Ikuti Senam Aerobic dan Zumba Bersama Mbak Tika