in

Polres Demak Bagikan Ratusan Genteng dan Asbes Kepada Korban Puting Beliung

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono meninjau dan memberikan bantuan genteng serta asbes, kepada warga yang rumahnya diterjang puting beliung.(Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO DEMAK – Polres Demak menyalurkan bantuan berupa ratusan genteng dan asbes, kepada para korban bencana angin puting beliung, di Dukuh Turus, Desa Bumirejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Kamis (1/12/2022).

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, menjelaskan penyaluran bantuan itu sebagai bentuk kepedulian Polri dalam meringankan beban para korban bencana.

Diketahui, sebanyak 125 rumah rusak akibat terjangan angin puting beliung pada Selasa (29/11) sore. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Jumlah dan nilai bantuan ini belum seberapa, akan tetapi yang kami harapkan bukan jumlahnya melainkan rasa kepedulian pada korban,” kata dia, Tribratanews.jateng.polri.go.id.

Tak hanya itu, Kapolres bersama anggotanya di bantu pihak TNI juga terjun langsung membantu warga untuk memperbaiki rumah rusak dan membersihkan puing-puing runtuhan bangunan.

“Kami bersama Kodim 0716 Demak terjun membantu memperbaiki rumah warga yang rusak. Total ada 100 lembar asbes dan 700 buah genteng kami bagikan kepada warga yang rumahnya rusak akibat terjangan angin puting beliung,” jelasnya.

Ia juga mendoakan warga terdampak bencana di Desa Bumirejo Kecamatan Karangawen, diberi ketabahan, karena bencana di satu sisi juga merupakan ujian dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Setiap kejadian dan musibah yang datang ini pasti ada hikmah positif agar keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sebelumnya, ratusan rumah di Dukuh Turus, Desa Bumirejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Rabu (30/11/2022) sore.

Kapolres Demak, AKBP Budi Adhy Buono mengatakan, ada ratusan rumah di beberapa Kecamatan di Demak yang rusak. Untuk di Desa Bumirejo ada 125 rumah yang rusak dan kini kepolisian sedang membantu memperbaiki rumah yang rusak.

“Ada 300 rumah di beberapa kecamatan yang rusak, antara kecil sampe sedang. Sedangkan di Desa Bumirejo, ada 125 rumah, dan itu sudah diperbaiki oleh anggota Polsek Karangawen dan Koramil Karangawen,” ujarnya, Kamis (1/12/2022).

Ratusan rumah di 5 desa di Kabupaten Demak dilaporkan rusak pada bagian atap, beberapa diantaranya roboh. Puluhan Personil Gabungan Polsek Karangawen dan Koramil Karangawen, membantu warga Desa Bumirejo, memperbaiki rumah yang rusak akibat puying beliung.

Sementara itu, Kepala Desa Bumirejo, Wuryanto, mengatakan, untuk saat ini, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Demak dan Bupati Demak.

“Sementara ini, kebutuhan warga terdampak kami penuhi. Mulai dari genteng hingga asbes yang rusak. Saya juga menghimbau agar pohon pohon besar di dekat rumah untuk ditebang, mengingat daerah ini rawan angin puting beliung,” jelasnya.

Hingga saat ini, dari 125 rumah, ada beberapa rumah yang masih dalam proses perbaikan yang dilakukan oleh petugas gabungan TNI Polri. Warga berharap, pemerintah daerah mengirimkan bantuan makanan, karen saat ini warga tidak dapat memasak. (HS-08)

Jelang Penetapan UMK, Pj Bupati Jepara: Jaga Keseimbangan, Jaga Stabilitas

50th ASEAN Banking Council (ABC) Meeting: Menjembatani Konektivitas dan Keberlanjutan ASEAN Melalui Inovasi Digital