in

Polres Batang Pantau Ternak hingga PMK Lenyap

Petugas kedokteran dan kesehatan Polres Batang, memantau kesehatan ternak, dalam Operasi Aman Nusa II, untuk mencegah penyebatan penyakit mulut dan kuku. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Polres Batang rutin menggelar Operasi Aman Nusa II, dengan memantau distribusi dan kesehatan ternak, untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Pemantauan akan dilakukan sampai penyakit pada hewan tersebut benar-benar lenyap.

KBO Sabhara Polres Batang, Iptu Zainal Muttaqin, mengatakan dalam pemantauan itu pihaknya juga mengecek kondisi kesehatan ternak di sejumlah tempat penjualan hewan kurban dadakan, yang banyak muncul menjelang Iduladha 2022 ini.

Salah satu tempat yang mendapat pengecekan adalah di salah satu depot penjualan kambing kurban, di Jalan Gajah Mada, Bogoran, Kabupaten Batang, Jumat (8/7/2022).

Dari hasil pemantauan, pihaknya tidak menemukan hewan kurban yang menunjukkan indikasi menderita PMK.

“Dipastikan hewan-hewan ini masih aman dikonsumsi. Sebelumnya tim dari Polres Batang, bersama Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Batang, telah melakukan pemeriksaan dan pemberian vaksin PMK, pada ternak di beberapa wilayah, di antaranya Kecamatan Bandar,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Ratusan ternak sapi di Bandar, telah divaksin dan hasil pemeriksaan tidak ditemukan PMK.

Ia menerangkan, meskipun PMK tidak berdampak pada manusia, namun manusia juga bisa menjadi media penularan PMK ke hewan.

“Pemantauan dilakukan intensif di tempat pedagang hewan kurban, di kandangnya langsung, baik sapi maupun kambing,” tegasnya.

Salah satu pedagang kambing kurban, Joni mengutarakan, sempat diliputi rasa cemas karena PMK belum berakhir.

“Tadi ternak saya diperiksa sama Pak Polisi. Ya tidak apa-apa. Kan nyatanya tidak kena PMK. Yang penting optimistis tahun ini kambingnya laku semua,” kata dia. (HS-08)

Kurangi Emisi Karbon, Telkom Indonesia dan Pemkab Gunungkidul Tanaman 5.000 Pohon di Semin

Iduladha 1443 H, Pemkot Pekalongan Salurkan Hewan Kurban ke 3 Masjid dan 11 Lembaga