in

Polisi Tangkap Tiga Pelaku Pencurian Suku Cadang Bekas Milik PT Siba Surya

Pelaku pencurian suku cadang bekas dan barang bukti diamankan di Mapolrestabes Semarang untuk proses lebih lanjut.

 

HALO SEMARANG – Jajaran Polsek Genuk menangkap tiga pelaku pencurian suku cadang bekas yang terjadi di bengkel truk PT Siba Surya yang berada Jalan Terboyo No 7, Kelurahan Terboyo Kulon, Kecamatan Genuk pada Rabu (28/7/2021) sekira pukul 07.30 WIB.

Kapolsek Genuk, Kompol Subroto mengungkapkan, pelaku yang diamankan yaitu Awang Kurniawan (32) warga Brumbungan, Kelurahan Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah dan Dhanu Indra Adi Darma (19) warga Karangroto, Kelurahan Karangroto, Kecamatan Genuk.

Sementara satu pelaku terakhir bernama Sabar Santoso (25) warga Banjardowo, Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk.

Ketiga pelaku ditangkap tak lama setelah melakukan pencurian oleh Tim Polsek Genuk saat melakukan patroli rutin.

“Saat patroli ada kejadian pencurian, kemudian lapor ke Polsek dan langsung kita tindak lanjuti,” katanya Kamis (5/8/2021).

Dia menjelaskan, kronologi pencurian bermula ketika salah satu pencuri masuk ke dalam gudang penyimpanan suku cadang bekas.

Aksi tersebut terbilang cukup mudah lantaran salah satu pelaku yang berhasil ditangkap, sudah pernah masuk ke dalam gudang itu untuk melakukan pencurian.
Akibat perbuatan para pelaku, beberapa sparepart kendaraan perusahaan raib dan PT Siba Surya mengalami kerugian berkisar Rp 9.320.000.

“Pelaku ini juga tidak sekali saja dalam melakukan pencurian,” bebernya.

“Jadi sudah lebih dari 2 kali. Biarpun kerugian materiil hanya Rp 9 juta namun kita tetap akan proses sesuai hukum yang berlaku,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pelaku, Awang mengaku sudah dua kali melakukan pencurian di perusahaan tersebut dengan mengambil suku cadang bekas di gudang.

Ia juga mengatakan, dirinya mengambil suku cadang bekas milik perusahaan tersebut untuk dijual kembali.

“Sudah dua kali masuk lewat pintu belakang jebol pagar menggunakan tang,” imbuhnya.

Saat ini barang bukti dan pelaku masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut oleh kepolisian. Akibat perbuatannya para tersangka dapat dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman tujuh tahun penjara.(HS)

Share This

PPKM Diperpanjang, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Kegiatan KKN Dirumah dan Melalui Sosial Media

Polres Pekalongan Targetkan Vaksin 2.000 Orang Per Hari