in

Polisi Tangkap Tiga Pelaku Bobol Rumah di Semarang, Begini Modusnya

Para pelaku pembobol rumah diamankan di Polrestabes Semarang, Selasa (21/5/2024).

HALO SEMARANG – Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Semarang menangkap tiga pelaku pembobol rumah di Kota Semarang. Ketiga palaku masing-masing bernama Wahyu Widyo Pramono (54) warga Tugu Kota Semarang, kemudian Satriawan alias Toha (44) dan Haerul alias Heru (29) warga Dompu NTB.

Ketiga pelaku berhasil diamankan setelah adanya laporan dari kepolisian. Aksi mereka terbongkar usai membobol dua rumah di Perumahan Puri Arga Golf, Mijen, pada Senin (13/5/2024) lalu.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar menjelaskan jika modus yang digunakan tersangka yakni berpura-pura berdagang minyak obat untuk menentukan target. Peran ini dilakukan oleh tersangka Wahyu. Sedangkan dua tersangka lainnya yakni Satriawan sebagai eksekutor dan Haerul sebagai penyuruh.

“Dalam melakukan pencurian para pelaku terlebih dahulu melakukan pemetaan rumah korban dengan modus berjualan minyak urut khas timur. Setelah melakukan pencurian para pelaku melarikan diri ke daerah Jawa Barat,” ujarnya, Selasa (21/5/2024).

Ketiga tersangka berhasil diamankan setelah pelariannya di Bogor dan Bandung pada Sabtu (18/5) lalu.

“Tersangka Toha dan Wahyu ditangkap di Kabupaten Bogor dan Tersangka Haerul ditangkap di Kota Bandung,“ paparnya.

Selain mengamankan para pelaku, kepolisian juga menyita barang bukti kejahatan berupa handphone, laptop dan uang sebesar Rp. 4,4 juta dalam pecahan dolar sebesar 200 singapura di lokasi pertama yakni di Rumah Perum Puri Argo Golf Blok D3-3, Mijen.

Untuk lokasi Kedua yang berada di Jalan Merbabu D3/9 Puri Arga Golf, komplotan itu menggondol sebuah Laptop, sepasang anting perhiasan emas dan uang tunai sebesar Rp 5 juta.

“Atas perbuatannya, para tersangka disangkakan Pasal 363 ayat (2) KUHPidana, pencurian pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” imbuhnya.(HS-06)

Pria yang Pingsan-Terikat di Samping Sungai Kalibabon Semarang Sadar, Polisi Mulai Lakukan Pemeriksaan

Polisi Gagalkan Peredaran Narkoba di Semarang, Sabu-Sabu 3 Kilogram Senilai Rp2,1 Miliar Diamankan