in ,

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Terkait Kampanye Ganjar-Mahfud di Simpang Lima Semarang

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi (dok).

HALO SEMARANG – Kampanye akbar Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden nomor urut 03, Ganjar-Mahfud akan berlangsung di Simpang Lima Kota Semarang pada Minggu (10/2/2024) mendatang.

Kegiatan itu diprediksi akan dihadiri oleh ratusan ribu orang baik itu dari kader, relawan maupun simpatisan. Kepolisian pun sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan arus.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi menerangkan jika pihaknya akan mulai menutup lalu lintas di sekitar Simpang Lima sejak pagi hari.

“Konsep rekayasa lalu lintas di pagi hari, di ujung Jalan Pahlawan Simpang Lima sampai air mancur. Mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Terus acara siang mulai pukul 12.00 WIB maka mulai pukul 10.00 WIB akan kami perbatasi sampai pukul 19.00 WIB. Kami bukan menutup tapi membatasi kendaraan masuk karena diperkirakan ada banyak massa yang mengikuti kampanye,” ujarnya, Jumat (9/2/2024).

Untuk masyarakat yang hendak menuju ke Simpang Lima, pihaknya sudah menyiapkan rute-rute seperti kendaraan dari timur bisa melalui Peterongan ke Mapolda terus ke barat. Dari arah baliknya juga kemudian lewat Pemuda dan bisa juga lewat RS Kariadi.

Lalu untuk kendaraan dari Demak maupun Kudus, dan Pati ke arah timur bisa masuk melalui Genuk maupun Pedurungan, atau Exit Tol Gayamsari.

“Nanti sampai Bangkong kami belokan ke MT Haryono, Kampung Kali, masuk stadion, Ahmad Yani, jadi satu arah,” terangnya.

Lebih lanjut, untuk kantong parkir kendaraan dari arah timur, bisa ditempatkan di Pleburan dan kawasan Stadion Diponegoro.

“Kalau kendaraan besar diparkirkan di MT Haryono, Dr Cipto, Jalan Kompol Maksum, sampai ke barito itu cukup luas. Lalu juga di Masjid Agung,” bebernya.

Kemudian untuk yang dari arah selatan, Ungaran, Solo, dan Klaten, keluar dari Tol Jatingaleh atau lewat Banyumanik diimbau menurunkan penumpang di Jalan Pahlawan. Bagi kendaraan roda dua bisa parkir di Taman Indonesia Kaya maupun di Pleburan. Selanjutnya bus-bus maupun kendaraan lainnya bisa di Wonderia maupun TBRS sampai ke Sisingamaraja maupun area Stadion Jatidiri. Sementara dari arah barat seperti Kendal sampai Brebes bisa masuk Krapyak dan diimbau menurunkan penumpang di KFC.

“Roda dua bisa parkir di TLJ dan nanti roda 4 bisa di kantong-kantong parkir PRPP, Jalan Gajahmada dan Jalan Pemuda, Kantor Walikota, POJ City itu cukup luas,” tururnya.

Terakhir Yunaldi meminta para simpatisan kampanye untuk tertib berlalu lintas. Berbagai rekayasa sudah dia siapkan dan semua personel akan ditempatkan di setiap titik penjagaan.

“Terpenting adalah tertib lalu lintas. Rekayasa sudah kami siapkan agar tertib. Yang pakai roda dua agar menggunakan helm standar dan tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis atau brong,” imbuhnya. (HS-06)

Program Makan Siang Siswa di Sekolah Diremehkan, Prabowo : Itu Akan Buat Anak Indonesia Kuat dan Cerdas

Rangkul Ratusan Kiai dan Guru Ngaji di Solo Raya, JAGA-NU Siap Menangkan Ganjar-Mahfud