Polisi Lalu Lintas Di Jateng Akan Dilengkapi Kamera KOPEK, Apa Itu?

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy saat jumpa pers Sabtu (13/3/2021) siang.

 

HALO SEMARANG – Ditlants Polda Jateng menggelar konferensi pers untuk sosialisasikan Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Wilayah Hukum Polda Jateng.

Program ini adalah implementasi teknologi informasi untuk menangkap pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik, untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan, dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Hal ini diungkapkan oleh Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy di halaman Ditlantas Polda Jateng, Sabtu (13/3/2021) siang.

Kombes Pol Rudy menjelaskan, sosialisasi ini dalam hal pemasangan kamera KOPEK portabel pada helm anggota Satlantas dan kendaraan roda empat yang bertujuan untuk mengcover wilayah yang belum terpasang kamera ETLE.

“Selain itu, kamera KOPEK ini terpasang di helm dan kendaraan patroli roda empat, petugas juga tidak perlu membawa surat tilang,” jelas Kombes Pol Rudy.

Inovasi KOPEK Portabel yang dipasang adalah untuk mengindentifikasi nomor polisi dan jenis kendaraan yang teridentifikasi sebagai pelanggar lalu lintas.

“Bahkan indentifikasi wajah juga akan terintegrasi dengan data SIM dan E-KTP pengguna kendaraan. Progam KOPEK ini untuk menghindari kontak langsung antara petugas dan pelanggar, sehingga tidak terjadi win win solusion di lapangan,” kata Rudy.

Rudy juga menambahkan, setelah pelanggar tertangkap dan terekam kamera KOPEK, selanjutnya pihaknya akan mengirim surat tilang melalui pos sesuai data yang tertangkap kamera KOPEK ini.

“Jadi, pelanggar akan kita kirim surat melalui pos, nantinya denda tilang tersebut dibayarkan langsung ke bank BRI,” ucap Rudy.

Setelah gelar konferensi pers, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy, melepas tiga regu unit motor dan satu mobil patroli dengan menggunakan kamera KOPEK portabel, untuk melakukan Sosialisasi kepada masyarakat.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.