in

Polda Jateng Ungkap Penyalahgunaan BBM Subsidi, Ini Modus Pelaku

ilustrasi penyalahgunaan BBM bersubsidi.

HALO SEMARANG – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Krimsus) Polda Jawa Tengah berhasil mengungkap penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar. Dalam kasus ini, kepolisian menetapkan satu orang sebagai tersangka,

Modus pelaku yakni membeli solar harga subsidi dan menjualnya lebih mahal ke pelanggan. Direktur Reskrimsus Polda Jateng, Kombes Dwi Subagio mengatakan tim melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap praktek curang di daerah Kabupaten Brebes itu pada 7 September 2023. Hingga saat ini masih satu orang pengelola perusahaan ditetapkan sebagai tersangka.

“Dari PT. ASS ditetapkan sebagai tersangka. TKP di Brebes, jadi mengambil solar bersubsidi, dibawa ke gudang kemudian dijual dengan harga non-subsidi,” kata Dwi di kantornya, Kamis (26/10/2023).

Sementara itu, Kasubdit Tipidter, AKBP Robert Sihombing menambahkan tersangka yang ditangkap berinisial B. Penindakan dilakukan setelah ada laporan ke Bareskrim yang kemudian dilanjutkan oleh Polda Jateng.

“Itu dasar laporan ke Bareskrim dan kemudian ke Polda, baru kita tidak lanjuti. Kita maping 3-4 hari, sempat pulang dan balik lagi,” kata Robert.

Ada dua SPBU tempat tersangka membeli Solar bersubsidi. Pelaku ini modusnya menggunakan truk dimodifikasi dan juga menggunakan jeriken.

“Ada yang pakai jeriken, ada truk modifikasi. Barang buktinya sekitar 10 ton solar. Pembelinya nelayan-nelayan,” jelasnya. (HS-06)

Sultan Skala Brak Kagum pada Ketahanan Fisik Ganjar ketika Keliling Lampung

Gelar Midnight Launch, Blibli Layani Pre-Order Mulus Tanpa Error ke Pelanggan iPhone 15 series