in

Polda Jateng Siagakan Dua Alternatif Untuk Perlancar Arus Balik Lebaran

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat meninjau Pos Terpadu Benteng Vastenburg, Surakarta, Kamis (6/5/2022) malam.

HALO SEMARANG – Kepolisian Daerah Jawa Tengah berencana untuk menyiagakan dan menyiapkan dua alternatif lain dalam upaya memperlancar arus mudik, selain penerapan system one way. Dua solusi yang dimaksud yaitu menerapkan one way lokal mulai Gate Tol Bawen hingga ke Kalikangkung, serta menerapkan pengalihan arus mulai pintu tol Sragen hingga Bawen.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan, penerapan one way nasional akan diberlakukan pada 6-8 Mei 2022 pukul 14.00 WIB. Adapun one way akan diberlakukan mulai dari Gate Tol Kalikangkung hingga Exit Tol Cikampek.

“Penerapan one way akan mulai dilaksanakan Jumat (6/5/2022) siang, mulai tol Kalikangkung hingga KM 47 Cikampek. Adapun kegiatan akan dibuka oleh Menhub dan Kakorlantas,” ujar Luthfi kepada wartawan di Pos Terpadu Benteng Vastenburg, Surakarta, Kamis (6/5/2022) malam.

Menurut Kapolda, berdasar beberapa hari pantauan, arus lalu lintas di Kalikangkung sudah menyentuh angka 68 ribu kendaraan per hari. Untuk itu perlu upaya rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan arus kendaraan di jalan tol.

“Kita (Polda Jateng) juga mengadakan evaluasi. Apabila kepadatan kendaraan sudah semakin tinggi maka kita akan menyiapkan dua alternatif solusi untuk memperlancar arus kendaraan di jalan tol,” ucapnya.

“Bila kepadatan terjadi sebelum Kalikangkung, maka kita terapkan one way lokal mulai Bawen hingga Kalikangkung. Bila solusi itu masih belum mengatasi permasalahan, maka kita akan melakukan pengalihan arus keluar tol dari Sragen hingga Bawen,” paparnya.

Di sisi lain, Luthfi menerangkan apabila one way nasional berjalan lancar, maka kepolisian tidak akan menerapkan kedua solusi atau alternatif yang sudah disiapkan.

“Jadi sifatnya situasional dan akan kita kaji terlebih dulu untuk menerapkannya,” jelasnya.

Terkait kepadatan arus selama mudik Lebaran 2022 di Jawa Tengah, Kapolda Jateng menyatakan tidak terdapat kemacetan arus lalu lintas di Jawa Tengah.

“Yang ada hanya kepadatan arus. Tapi sama sekali tidak ada kemacetan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jateng atas kondusivitas wilayah selama periode mudik Lebaran 2022. Dirinya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara di jalan raya dan tetap mentaati peraturan lalu lintas.

“Tetap utamakan keselamatan di jalan dan laksanakan prokes. Kita berharap dan berdoa semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan arus balik diberikan kelancaran dan selamat sampai di tujuan,” imbuhnya.(HS)

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (6/5/2022)

Kemenkes Minta Pemda hingga Nakes Waspadai Kasus Hepatitis Akut