Polda Jateng Luncurkan Program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door

Polda Jateng dan Polres Magelang Gelar Program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door, Kamis (25/2/2021).

 

HALO SEMARANG – Program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door digelar oleh Polres Magelang sebagai terobosan kreatif dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat secara prima.

Datang langsung ke Magelang untuk meluncurkan program ini, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi mengungkapkan, program tersebut sebagai tindak lanjut perintah program ke-6 Kapolri, bahwa Polri memberikan pelayanan yang mudah dan cepat, dengan menggunakan teknologi informasi.

“Di antaranya perpanjangan SIM, SKCK, dan sebagainya,” terang Kapolda di sela peluncuran Program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door di Polres Magelang, Kamis (25/2/2021).

Layanan ini tidak menggunakan transaksi cash, melainkan menggunakan barcode dengan apliaksi yang digunakan institusi Polri.

“Layanan ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya pungli dan meminimalkan kerumunan dalam situasi pandemi saat ini,” katanya.

Sementara Kapolres Magelang, AKBP Ronald A Purba mengungkapan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan pelayanan SKCK door to door.

“Program ini merupakan terobosan di mana kita bisa tetap produktif tapi tetap aman dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Kapolres.

Adapun gambaran pelayanan SKCK door to door, yaitu dengan memberikan nomer hotline yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang membutuhkan SKCK. Kemudian petugas datang dengan membawa blangko biodata pemohon yang harus diisi.

Selanjutnya pemohon menyiapkan foto copy KTP, KK dan pas foto 4X6 backgound merah sebanyak 4 lembar.

Setelah blangko diisi pemohon dan sudah melaksankan sidik jari, kemudian blangko dibawa petugas ke Polres Magelang untuk dilakukan pencetakan SKCK. Hasilnya akan diantar ke rumah pemohon dan pemohon cukup membayar dengan Rp 30.000 sesuai PNBP.

“Pelayanan SKCK door to door diprioritaskan bagi difabel, kelompok rentan, dan pemohon yang ada di wilayah bencana,” kata Kapolres.

Kapolres juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaanya, apabila akan membuat bersama-sama, misalnya ada pilkades yang memerlukan SKCK, maka petugas dapat hadir di kelurahan atau kecamatan untuk jemput bola.

“Ini merupakan terobosan untuk memberi pelayanan masyarakat, mudah-mudahan bisa berkembang ke tempat lain,” jelas kapolres.

Sebelumnya pada Jumat (18/2/2021) di Dusun Kaliduren, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang telah dilaksanakan program SKCK door to door oleh petugas Bamin SKCK Sat Intelkam bersama Unit Indentifikasi Sat Reskrim.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.