Polda Jateng Gelar Operasi Yustisi Guna Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji saat memimpin Apel Pagi di Halaman Mapolda Jateng, Senin pagi (14/9/2020).

 

HALO SEMARANG – Polda Jateng bersama TNI, Pemda, dan Penegak hukum lainya melaksanakan Operasi Yustisi dalam upaya mendisiplinkan masyarakat guna mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Operasi yustisi ini dilatarbelakangi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kedisiplinan Protokol Kesehatan. Kami Polda Jateng dan dari instansi terkait akan laksanakan Operasi Yustisi dalam rangka menertibkan kembali agar masyarakat lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan. Semua untuk masyarakat,” ujar Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji saat memimpin Apel Pagi di Halaman Mapolda Jateng, Senin pagi (14/9/2020).

Dalam apel pagi tersebut Wakapolda Jateng menegaskan, dengan dimulainya Operasi Yustisi, diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, perkembangan Covid-19 di wilayah hukum Polda Jateng masih cukup tinggi dan berisiko.

“Ini jadi atensi kita bersama, jangan sampai masyarakat terus tertular, sehingga perlu ada pendisiplinan agar masyarakat patuhi protokol kesehatan,” ujarnya,

Wakapolda menambahkan, paksanaan Operasi Yustisi diagendakan berlaku mulai Senin (14/9/2020), dan akan menggunakan pendekatan humanis dan persuasif.

“Tapi, perlu ada ketegasan pada masyarakat. Kita tahu masyarakat korban Covid-19, tapi ini agar masyarakat tercegah dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna menjelaskan, dalam tahapan penyelenggaran pilkada di 21 Kab/Kota berpotensi terjadinya kerumunan massa, sehingga rawan terjadinya penularan virus Covid 19.

Untuk itu, menurutnya, Polda Jateng, TNI, dan Pemda gencar melaksanakan sosialisasi kepada masayarakat.

“Sosialisasi yang kami tekankan adalah 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menghindari Kerumunan). Selain itu, mulai hari ini akan diberlakukan Operasi Yustisi untuk mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Iskandar juga mengimbau, seluruh masyarakat Jawa Tengah diminta untuk mematuhi protokol kesehatan selama tahapan Pilkada Serentak 2020.

“Mari laksanakan pilkada dengan aman dan sehat. Patuhi protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.