in

Polda Jateng Ajak Wartawan Deklarasi Pemilu 2024 Damai

Deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2024 yang digelar Polda Jateng dengan wartawan di Kota Semarang, Rabu (25/10/2023).

HALO SEMARANG – Polda Jateng mengajak para wartawan melakukan deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2024, Rabu (25/10/2023). Hal ini bertujuan agar pesta demokrasi berlangsung kondusif sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

Kegiatan deklarasi ini dihadiri langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng. Pernyataan dibacakan langsung oleh Wakil Ketua PWI Jateng, Zaenal Petir dan diikuti oleh para pimpinan redaksi dan wartawan yang hadir.

Ada empat ikrar yang harus dipenuhi wartawan untuk menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pemilu 2024. Yang pertama para wartawan diminta siap menjaga Pemilu damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat demi sebesar-besarnya kemaslahatan publik.

Mereka juga diminta untuk menaati semua peraturan dan ketertiban terkait dengan penyampaian informasi kepada masyarakat. Selain itu, wartawan juga diwajibkan untuk memberikan informasi yang akurat, netral dan objektif kepada masyarakat. Dan terakhir para pekerja media agar selalu berkomitmen untuk menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan kegiatan ini adalah upaya kepolisian untuk menciptakan suasana Pemilu yang tenang. Apalagi saat ini sudah mulai tahapan pendaftaran Capres dan Cawapres dan selanjutnya masa kampanye.

“Oleh karena itu Humas Polri khususnya Polda Jateng dengan teman-teman jurnalis mengadakan suatu perjanjian atau iktar deklarasi Pemilu Damai. Ikrar ini digunakan dalam rangka cooling system dimana pemberitaan di masyarakat didinginkan apabila terjadi polarisasi dan ini diharapkan akan terus dilakukan sehingga kemudian pemilu damai di Jawa Tengah,” ujarnya kepada awak media.

Polda Jateng kini juga telah memetakan dan menempatkan setiap personel di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sudah kita siapkan mulai pengawalan penempatan personel sampai TPS sudah. Kita siapkan dari 117 ribu TPS sudah langsungkan verifikasi,” paparnya.

Polda Jateng juga menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Candi 2023 di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro dalam rangka pengamanan rangkaian pemilu sejak 2023 hingga 2024.

Kegiatan Apel gelar pasukan diikuti personil gabungan dari Polri, TNI hingga Pemprov Jateng. Dalam apel ini, petugas gabungan menyiagakan berbagai kelengkapan sarana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengamanan.

Operasi pengaman berlangsung sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 dengan pelibatan personil di Jateng hampir 22.000 orang. Baik itu personil Polda sampai tingkat Polres dibantu gabungan dengan TNI dan Pemerintah Daerah.

Jumlah itu, disebar ke ratusan ribu tempat pemungutan suara (TPS) baik yang berkategori kurang rawan, rawan hingga sangat rawan. “Kita telah melakukan pemetaan Kualifikasi Sangat rawan ada 292 TPS, rawan 760 TPS, dan kurang rawan 116 ribu TPS,” jelasnya.

Lebih lanjut, Polda Jateng telah melakukan kegiatan-kegiatan kepolisian (untuk pengamanan), pengamanan VVIP, Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota), Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu), SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu), dan sebagainya, jajaran Polres juga sudah,” jelasnya.

Terkait pengamanan dan kegiatan pengawalan Kapolda Jateng menegaskan Polda jateng siap memberikan Pelayanan pengawalan secara Gratis.

“Kalau rekan-rekan Media minta pengawalan kepolisian kita siapkan gratis,” imbuhnya. (HS-06)

Jasa Raharja Raih Dua Penghargaan dari Ajang Indonesia Human Capital Award 2023

Tekan Stunting, TP PKK Jateng Dorong Optimalisasi Dasa Wisma