in

PMI Kota Pekalongan Ajak Penyintas Covid-19 Jadi Donor Plasma Konvalesen

Petugas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Pekalongan, mengambil darah dari donor. PMI mengajak penyintas Covid-19 untuk menjadi donor plasma konvalesen. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Pekalongan, tengah mengumpulkan penyintas Covid-19 sebagai donor plasma konvalesen, sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pemberian plasma konvalesen kepada pasien Covid-19, merupakan salah satu metode imunisasi pasif untuk membantu penyembuhan pasien penyakit tersebut.

“Plasma konvalesen berfungsi sebagai terapi tambahan Covid-19, dengan mengajak orang yang telah sembuh dari Covid-19,” kata Penanggung Jawab Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Pekalongan, Aji Putra Prakoso, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Meski saat ini UDD PMI Kota Pekalongan belum memiliki alat pendingin plasma konvalesen, namun Aji terus mengajak masyarakat yang menjadi penyintas Covid-19, untuk melakukan donor plasma konvalesen. Hal ini karena sampai sekarang, jumlah donor plasma konvalesen di Kota Pekalongan baru 11 orang.

“Bagi para penyintas Covid-19 yang sudah sehat dan memenuhi syarat, mari bisa saling membantu sesama, terutama untuk membantu pasien Covid-19, sehingga angka kesembuhan semakin meningkat,” ajak Aji.

Aji menyebutkan syarat menjadi pendonor plasma konvalesen yakni penyintas Covid-19 yang sudah sembuh dan dinyatakan sehat, bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh, memperlihatkan hasil RT PCR negatif 1 kali, berat badan lebih dari 55 kg, berusia 18-60 tahun, disarankan laki-laki. (HS-08)

Share This

Dekatkan Pelayanan, FKSS dan TP PKK Panjang Baru Gelar Vaksinasi Covid-19 di Kelurahan

Tiga Siswa Asal Semarang, Ubah Kain Bekas Jadi Tas Kekinian