in

PMI Kendal Gelar Kegiatan Pra-Diklatsar KSR

PMI Kendal saat menggelar Perekrutan anggota baru Korps Sukarela (KSR).

 

HALO KENDAL – Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal menggelar kegiatan Pra-Diklatsar KSR PMI Kabupaten Kendal tahun 2020, yang diikuti 28 orang peserta calon anggota Korps Sukarela (KSR), di Aula PMI Kendal. Kegiatan ini akan digelar empat kali pertemuan dalam sebulan, yang dilaksanakan tiap hari Minggu. Kegiatan pertama sudah dimulai pada Minggu (29/11/2020).

Kepala Markas PMI Kendal, M Nur Fathoni mengatakan, kegiatan pra-Diklatsar merupakan pembekalan materi secara menyeluruh untuk persiapan di lapangan bagi calon sukarelawan.

“Materi pra-Diklatsar meliputi materi tentang gerakan kepalangmerahan, keorganisasian, kesehatan remaja dan PRS, dan juga materi tentang pertolongan pertama. Jadi lebih banyak teori yang akan dipraktikkan pada pelatihan di lapangan,” terangnya, Rabu (2/12/2020).

Diterangkan, setelah pembekalan teori pra-Diklatsar empat kali pertemuan, selanjutnya akan dilakukan praktik lapangan selama tiga hari pada tanggal 25 sampai 27 Desember mendatang.

“Praktik lapangan, rencananya akan dilakukan di kawasan Desa Sidomakmur, Kaliwungu Selatan,” imbuh Toni.

Toni pun menjelaskan, materi praktik di lapangan meliputi, kebijakan PMI, materi pengantar penanganan bencana, materi dan penugasan Vunerability Capaciti Assesment (VCA), PRA (Participatori Rural Apracial), materi assessment, materi shelter, materi Watsan, materi Restoring Family Links(RFL), dan materi pertolongan pertama.

“Nantinya, puncak kegiatan berupa simulasi dan evaluasi. Pada kegiatan ini, semua peserta akan menginap selama tiga hari,” pungkasnya.(HS)

Sekda Kota Semarang: Kalau Kita Tidak Kreatif Akan Tertinggal dari Daerah Lain

Penguatan Ekonomi Akhir Tahun, Ini Persiapan Pemkab Kendal