Plt Bupati Kudus HM Hartopo Sandang Gelar Doktor Ilmu Hukum

HM Hartopo seusai mengikuti wisuda S-3 Ilmu Hukum Universitas Islam Sultan Agung. (Foto : kuduskab.go.id)

 

HALO KUDUS –  Setelah menempuh pendidikan strata tiga (S-3) selama tiga tahun, Plt Bupati Kudus HM Hartopo akhirnya lulus dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Sabtu (31/10) dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum.

Wisuda dilaksanakan di aula Unissula Semarang, dengan peserta terbatas serta penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dengan rasa suka cita, Hartopo nampak antusias mengikuti jalanya rapat terbuka senat Wisuda ke-80 Unissula.

Usai pelaksanaan Wisuda, dia mengaku lega serta mengucapkan syukur atas dukungan semua pihak terkait.

“Alhamdulillah lega, dengan gelar baru ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait. Gelar baru ini saya dedikasikan buat almarhum ke dua orang tua saya, keluarga saya dan semua yang memberikan dukungan kepada saya,” terangya.

Dia berharap dengan menyandang gelar doktor, nantinya ilmu yang dia peroleh akan digunakan untuk bekal dirinya memimpin Kabupaten Kudus dengan harapan semakin sejahtera.

“Semoga ilmu dan gelar yang Saya peroleh ini dapat bermanfaat untuk saya jadikan bekal memimpin Kabupaten Kudus agar lebih maju lagi, dan semakin sejahtera, doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Kudus akan menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk berkinerja lebih baik lagi,” sambungnya.

Dr. Hartopo pun turut memberikan motivasi kepada generasi muda Bangsa khususnya di Kabupaten Kudus agar tetap semangat belajar meraih pendidikan setinggi-tingginya.

“Bagi generasi muda Bangsa, Khususnya yang ada di Kabupaten Kudus, Semangatlah belajar agar masa depan dan harapan yang gemilang dapat kita genggam. Belajar bukan hanya melalui pendidikan formal saja, yang penting kita harus semangat dalam menjalaninya. Wisuda bukan berarti akhir dari belajar kita, karena belajar tidak mengenal usia, belajar adalah kewajiban kita sepanjang usia,” kata dia.

Sementara itu, Bedjo Santoso Rektor Universitas Islam Sultan Agung saat menyampaikan sambutanya mengucapkan selamat bagi mahasiswa dan mahasiswi yang baru saja diwisuda.

“Selamat kepada mahasiswa dan mahasiswi Unissula yang baru saja diwisuda setelah saudara semua berjerih payah menuntaskan pendidikan selama 3 tahun, kini hari ini telah resmi dikukuhkan menjadi seseorang yang telah berilmu dan berpendidikan,” ucapnya.

Bedjo Santoso juga berharap, mahasiswa yang telah lulus nantinya akan dapat memanfaatkan ilmu yang didapat bagi masyarakat, optimis akan mampu meraih cita-cita meskipun ditengah cobaan pandemi saat ini.

“Semoga rekan-rekan mahasiswa yang telah diwisuda, sepulang dari sini akan dapat memanfaatkan ilmu yang didapat untuk kemaslahatan bagi masyarakat. Kalian semua harus optimis dan yakin bahwa bekal yang didapat disini nantinya akan berguna, walaupun wisuda ditengah pandemi, namun jangan berkecil hati karena lapangan pekerjaan berkurang. Yakinlah akan ada pekerjaan baru yang berdatangan nantinya meskipun pandemi belum tau kapan berakhirnya,” kata dia.

Terakhir, pihaknya juga menyampaikan kepada alumni untuk menumbuhkan dan mengembangkan ilmu yang didapat.

“Terus belajar dan belajar, karena belajar tidak mengenal waktu, belajar dapat dilakukan sepanjang hayat. Jangan sampai terlena dengan pangkat dan kedudukan karena itu hanya hiasan dalam kehidupan, namun ilmu yang bermanfaat akan membimbing kita ke dalam jalan keberkahan,” tukasnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.