in

Pj Bupati Kudus Memotivasi Desa untuk Mandiri

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan membuka pelatihan peningkatan aparatur desa, Kecamatan Jati, di Gripta, Minggu (19/11/2023). (Foto : kuduskab.go.id)

 

HALO KUDUS – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian masyarakat, serta dapat membantu dalam percepatan pembangunan desa.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan dalam sambutannya, saat membuka pelatihan peningkatan aparatur desa, Kecamatan Jati, di Gripta, Minggu (19/11/2023).

Dengan adanya kolaborasi antara BUMDes dengan masyarakat, pihaknya optimistis ekonomi desa bisa dengan cepat tumbuh sehingga kesejahteraan serta perekonomian warga pun ikut terdongkrak naik.

Untuk itu Bergas memberikan beberapa tips untuk memperkuat BUMDes. Beberapa tips itu meliputi perencanaan atau strategi matang BUMDes di lini produksi sampai pemasaran, pengorganisasian yang tentu saja dalam hal ini menerapkan right man on the right side.

Adapun tips lainnya seperti, menggerakan seluruh sektor masyarakat untuk memperkuat BUMDes itu sendiri , dan melakukan pengawasan terhadap setiap sektor prodaknyang ada di BUMDes, jika menurut penilaian prodak ini lemah, Bergas memberikan saran untuk segera mencari prodak lainnya yang lebih menguntungkan.

Inovasi kreatif juga perlu diterapkan untuk keberlangsungan BUMDes, hal ini di ibaratkan Bergas seperti dinosaurus.

Menurut dia dinosaurus ini sangat kuat, namun tidak dapat bertahan karena termakan zaman.

Kebangkitan Ekonomi

Sementara itu ketika membuka Panen Hadiah Sinpedes BRI Branch Office Kudus, di Taman Krida, pada Minggu (19/11/2023), Pj Bupati Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan menyatakan mendukung upaya percepatan kebangkitan perekonomian di Kabupaten Kudus.

Melalui pemantapan dan peningkatan daya dukung perekonomian yang melibatkan kerja sama antara pemerintah, perbankan, dan masyarakat.

Lebih lanjut, Pj Bupati berharap BRI dapat mengawal peningkatan deposito, realisasi kredit yang mudah, peningkatan pendapatan atau laba yang pada akhirnya dapat menghasillkan pengaruh positif untuk masyarakat Kudus.

Untuk itu dirinya mengapresiasi kegiatan yang juga jadi salah satu pengungkit perekonomian masyarakat Kudus, karena kegiatan ini juga melibatkan UMKM untuk memamerkan prodaknya.

Sementara itu, pimpinan cabang BRI Brach Office Kudus, Iman Indrawan mengatakan bahwa pihaknya menyatakan mendukung brand UMKM lokal, untuk terus berkembang, dengan berbagai program yang dimiliki BRI.

Pihaknya juga siap untuk sering mengadakan event-event, yang melibatkan UMKM lokal di Kabupaten Kudus. (HS-08)

Satlantas Polres Sukoharjo Bantu Pengemudi Truk Ganti Ban

Jelang Musyda, Pemuda Muhammadiyah dan Aisyiyah Temui Pj Bupati Jepara