Pimpin Upacara Hari Santri, Rektor USM Minta Kualitas SDM Ditingkatkan

Rektor USM Andy Kridasusila SE MM memimpin upacara peringatan Hari Santri 2020, di kampus setempat. (Foto:Humas USM)

 

HALO SEMARANG – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2020, diperingati oleh anggota, pengurus, dan pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (Fokmi), Universitas Semarang (USM).

Mereka menggelar berbagai kegiatan, antara lain gebyar maulid dan upacara di halaman kampus, dengan pembina Rektor USM Andy Kridasusila SE MM.

Upacara yang diikuti anggota, pengurus dan pembina Fokmi ini, berlangsung khidmad. Dalam amanahnya, Rektor USM mengatakan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang besar.

Indonesia juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang besar, bahkan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

“Dengan peluang tersebut, hendaknya para santri dan mahasiswa meningkatkan sumber daya manusia,” kata dia.

Negeri ini sejak Presiden pertama, yakni Ir Soekarno, sudah melakukan pembangunan insfrastruktur dengan baik. Adapun pada masa presiden-presiden selanjutnya, berbagai pembangunan juga dilaksanakan. Demikian pula pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Presiden Jokowi juga gencar meningkatkan insfrastuktur, untuk menunjang kemajuan bangsa, seperti jalan tol, bandara, Pelabuhan, dan lain-lain,” ungkap Andy.

Jika insfrastuktur sudah dibangun dengan baik, maka kualitas SDM juga harus ditingkatkan, agar negara ini bisa maju.

Berkaitan dengan pandemi Covid-19, dia berpesan agar santri harus tetap beraktifitas normal, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, yaitu rutin mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun, pakai masker, dan menjaga jarak. Jika santri tetap sehat, maka mereka bisa terus memberikan konsttribusi positif pada bangsa dan negara.

Sementara Pembina UKM Fokmi USM Saiful Hadi Mkom, mengatakan bahwa peringatan santri di kampus USM, sudah diawali dengan menggelar pembacaan kitab maulid simthud duror sejak 17 Oktober lalu, bertepatan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Selain itu nanti puncaknya, akan digelar gebyar maulid secara virtual dengan zoom meeting dengan menghadirkannarasumber Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Dr KH M In’amuzzahidin MA dan Habib Hamid bin Sholeh Ba’agil

“Kami sangat bangga dengan semangat hari santri ini para aktifis dakwah kampus yang terdiri dari santri dan mahassiwa USM tetap bisa berkonstribusi positif kepada bangsa dan negara dengan menggelar berbagai kegiatan keagamaan dengan baik dan tetap teguh menjaga NKRI” ungkap Saiful. HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.