in

Pimpin Apel Pengendalian Covid-19, Bupati Blora Minta Masyarakat Dukung “Jateng di Rumah Saja”

Apel sinergitas Polri, TNI,  dan Pemkab Blora, dalam rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19 Tahun 2021, di Alun-Alun Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati Blora Djoko Nugroho meminta seluruh komponen masyarakat, mendukung program “Jateng di Rumah Saja”, Sabtu (6/2) dan Minggu (7/2), yang dicanangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dia berharap tidak ada warga yang melanggar, karena program tersebut sudah disosialisasikan, termasuk melalui media sosial, radio, dan langsung kepada masyarakat.

Permintaan itu disampaikan Bupati Blora, saat memimpin apel sinergitas Polri, TNI,  dan Pemkab Blora, dalam rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19 Tahun 2021, di Alun-Alun Blora, Jumat (5/2).

Apel dihadiri pula oleh Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama SIK dan Dandim 0721/Blora LetkolInf. Ali Mahmudi SE MM. Kegiatan ini diikuti para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), anggota TNI, Polri, Subdenpom, Yonif 410 Alugoro Satpol PP, Bidang Perhubungan Dinrumkimhub dan BPBD Blora.

“Kami juga mohon dukungan dari TNI, Polri, dan elemen masyarakat lainnya. Program ini telah kita sosialisasikan jauh-jauh hari, jangan sampai ada yang melanggar dengan alasan tidak tahu. Karena program ini telah kita sosialisasikan,” ujar Bupati Blora, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Blora mengatakan telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mendukung gerakan “Jateng di Rumah Saja” secara serentak, Sabtu 6 Februari 2021 dan Minggu 7 Februari 2021.

Dia meminta agar SE tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan (Prokes) pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang diterbitkan dan ditandangani Bupati Blora Djoko Nugroho tersebut harus dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat.

Kecuali unsur yang terkait dengan sektor esensial, seperti kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, perbankan, logistik dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional.

Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0001933 tanggal 2 Februari 2021 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Jawa Tengah.

Bupati Blora menyampaikan bahwa dalam dua hari itu, dilakukan penutupan Car Free Day. Pembatasan jam operasional toko/mall sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kemudian pembatasan jam operasional restoran, cafe, rumah makan, pedagang kaki lima (PKL), warung sampai dengan pukul 22.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Bupati Blora.

Pembatasan jam operasional pasar sampai dengan pukul 10.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berikutnya, penutupan pasar hewan, penutupan karaoke/tempat hiburan, penutupan destinasi wisata dan pusat rekreasi.

Selanjutnya, pembatasan terhadap hajatan dan pernikahan (tanpa mengundang tamu) serta kegiatan lainnya yang memunculkan potensi kerumunan seperti pendidikan, event dan lain-lain.

Pelaksanaan kegiatan di rumah ibadah berpedoman pada SE Bupati Blora Nomor 451/1798/2020 tanggal 17 Juni 2020, tentang Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam upaya Pencegahan, Penanggulangan dan Penghentian Covid-19 di wilayah Kabupaten Blora.

Bupati juga menyatakan dalam rangka mendukung gerakan “Jateng di Rumah Saja”, dilaksanakan operasi serentak penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 secara masif oleh petugas gabungan, TNI, Polri, Subdenpom, Yonif 410 Alugoro, Satpol PP, Bidang Perhubungan Dinrumkimhub, BPBD serta Satgas Covid-19 hingga ke tingkat kelurahan dan desa.

“Saya berharap ini benar-benar dilaksanakan. Kita lihat, dalam dua hari ini, bagaimana nanti tingkat persebaran Covid-19 di Blora,” ucap Bupati Blora.

Bupati menyampaikan, selain keaktifan petugas gabungan, diharapkan masyarakat ikut berperan dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Kami mewakili warga masyarakat kabupaten Blora mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran TNI, Polri di Blora, serta Satpol PP dan BPBD yang selalu aktif dalam tugas tugas penanganan Covid-19,” kata Bupati Blora.

Sementara itu Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK menyampaikan bahwa Polres Blora akan mendukung penuh kegiatan tersebut dan tentunya menjalin sinergi dengan Kodim 0721/Blora, Yonif 410/Alugoro, Subdenpom dan Satpol PP serta BPBD.

“Polres Blora akan menjalin sinergi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada, harapannya semoga program Jateng Di Rumah saja selama dua hari besok dapat berjalan lancar dan tentunya semoga dapat mengurangi penyebaran Covid-19 di Blora,” ucap AKBP Wiraga Dimas Tama. (HS-08).

 

Share This

Kaligawe Kembali Terendam Banjir, Jalur Semarang-Demak Macet Parah

Jateng di Rumah Saja, Pasar di Rembang Tetap Buka