Pilwakot Semarang, Incumbent Makin Kuat dengan Dukungan Tujuh Partai

Pasangan petahana yang akan maju kembali di Pilwakot Semarang, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) usai mengambil rekomendasi dari Partai Gerindra di Kantor DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Semarang, Senin (3/8/2020).

 

HALO SEMARANG – Pasangan petahana yang akan maju di Pilwakot Semarang 2020, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita), semakin mantap setelah resmi mengantongi surat rekomendasi dukungan dari tujuh partai politik yang ada di Kota Semarang.

Selain dari partainya sendiri yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), pasangan incumbent terebut juga mendapatkan rekomendasi dukungan dari enam partai lain, yaitu Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Demokrat, dan Gerindra.

Rekomendasi terakhir yang diterima pasangan Hendi-Ita datang dari Partai Gerindra.

Penyerahan surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto itu diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wahid di Kantor DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Semarang, Senin (3/8/2020).

Selain pasangan Hendi-Ita, terdapat sembilan pasangan calon kepala daerah kandidat Pilkada 2020 yang juga menerima surat rekomendasi dukungan Partai Gerindra.

Mereka adalah Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa (Sukoharjo), Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Kebumen), Agustinus Susanto-Rahmad Kabuli Jarwinto (Purworejo), dan Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono (Kabupaten Semarang).

Selain itu juga ada Hartanto-Joko Purnomo (Wonogiri), One Krisnata-Muhammad Fajri (Klaten), Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso (pilkada Surakarta), Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto (Grobogan), dan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (Blora).

“Rekomendasi dari Gerindra ini menjadi rekomendasi ketujuh untuk saya dan Mbak Ita maju di Pilwakot Semarang,” kata Hendrar Prihadi, Senin (3/8/2020).

Dia mengucapkan terima kasih kepada partai yang telah memberikan dukungan kepadanya untuk kembali bersaing di Pilwakot Semarang 2020.

Menurutnya, rekomendasi tersebut merupakan kepercayaan besar dari partai lain kepada pasangan Hendi-Ita.

“Kami ini kader PDIP. Ini pasti bentuk sikap bijaksana yang luar biasa dari partai yang sudah memberikan rekomendasi. Tentu saja, kalau sudah dalam konteks kota, kita berbicara untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu pembangunan Kota Semarang,” jelasnya.

Sejauh ini, dia mengaku belum mendiskusikan secara serius terkait proses kampanye maupun pendaftaran calon.

Pasangan petahana tersebut masih fokus pada kegiatan penanganan Covid-19 di Kota Semarang.

Sementara Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, rekomendasi untuk pasangan Hendi-Ita turun setelah proses dan pertimbangan yang panjang di partainya. Salah satunya yakni dengan melalui proses survey, baik secara internal maupun eksternal.

“Prosesnya panjang sampai rekomendasi ini turun. Hasil dari survey internal dan eksternal serta pendapat dari para tohoh agama dan akademisi kepemimpinan Hendi-Ita selama ini cukup baik, sehingga perlu untuk dilanjutkan,” kata Joko Santoso saat ditemui di Kantor DPRD Kota Semarang, Senin (3/8/2020).

Lebih lanjut, Joko mengungkapkan, dengan turunnya rekomendasi dari DPP tersebut, Partai Gerindra sah mendukung pasangan Hendi-Ita dalam Pilwakot Semarang yang akan dilaksanakan Desember mendatang.

“Ini menjadi harapan bagi kami, bahwa Hendi-Ita dapat membuat Kota Semarang menjadi semakin baik untuk lima tahun ke depan,” tandasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.