in

PHRI Jateng Sebut Tingkat Hunian Hotel Meningkat 50 Persen

Hotel Muria, Jalan Dokter Cipto Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Tingkat hunian hotel berbintang di Jawa Tengah (Jateng) mulai mengalami peningkatan pasca turunnya status PPKM menjadi level dua di sebagian daerah di Jateng.

“Tingkat hunian hotel mengalami peningkatan sekitar 50 persen. Terhitung sejak memasuki pekan kedua berlangsungnya PPKM level dua,” kata Ketua PHRI Jateng Heru Isnawan, Jumat (1/10/2021).

Ia menyebut, kondisi tersebut terjadi karena menurunnya pembatasan. Masyarakat sedikit dapat leluasa beraktivitas kembali dan menggerakkan tingkat hunian hotel.

“Sebab dengan turunnya level PPKM tersebut, orang tidak takut berpergian lagi, dengan begitu kegiatan hotel jadi lebih hidup,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakannya, penerapan protokol kesehatan telah berlaku di semua hotel dan targetnya bisa menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Protokol kesehatan kami usahakan menjadi SOP (Standar Operasional Prosedur) dari semua hotel. Sehingga orang merasa aman nyaman saat tinggal di hotel,” tuturnya.

Sementara terkait produk penarik pengunjung, lanjutnya, belum ada pembaharuan. Pihaknya fokus pada penyesuaian kebiasaan masa pandemi, dan masih menjalankan apa yang ada terlebih dahulu.

“Kami masih melibatkan biro perjalanan, paket-paket destinasi wisata dan lainnya, itu kan bukan hal yang baru. Jadi kami baru fokus di pengaplikasian prokes, karena kan memang baru berjalan dua pekan,” imbuhnya.

Kendati demikian, pihaknya menyampaikan tingkat hunian hotel sempat mengalami penurunan secara drastis hingga di bawah 10 persen.

“Ketika status PPKM masih level tiga dan level empat peraturannya cukup ketat. Mulai dari persyaratan pulang pergi yang macam-macam, biaya juga menjadi mahal, dan orang masih takut dengan suasana itu, jalan-jalan ditutup, kereta api tidak jalan. Ditambah distribusi vaksin juga belum merata,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan halosemarang.id, terdapat sekitar 250 hotel yang beroperasi dengan kapasitas 8.000 kamar di seluruh daerah di Jateng.(HS)

Share This

Kunjungi Bocah yang Kakinya Diamputasi, Begini Pesan Ketua DPRD Kota Semarang

KAI Luncurkan KA Baru, KA Airlangga Layani Rute Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi