in

Petani Ngemplak dan Nogosari Dapat Bantuan Alsintan

Foto : Boyolali.go.id

 

HALO BOYOLALI – Kementerian Pertanian memberikan bantuan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) dan bibit pertanian pada 30 kelompok tani di Kecamatan Ngemplak dan Nogosari, Kebupaten Boyolali.

Bantuan diserahkan secara simbolis melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali, di halaman Kantor Kecamatan Ngemplak.

“Ini sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan produksi pangan di wilayah Boyolali khususnya Ngemplak dan Nogosari,” kata Kepala Dispertan Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Bantuan alsintan yang diberikan berupa traktor roda empat sebanyak satu unit, traktor roda dua sebanyak tiga unit, dan pompa air sebanyak dua unit. Sementara itu untuk bantuan benih jagung 2.550 kilogram untuk 170 hektare, benih Inpari 32 IP 400 sebanyak 500 kilogram, benih kacang tanah 7.200 kilogram untuk lahan seluas 60 hektare, serta memberikan Kartu Tani Sakti sebanyak 102 buah.

Seluruh bantuan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian dengan nilai sekitar Rp 1 Miliar.

“Alat-alat ini digunakan sebaik-baiknya, dirawat dengan baik, dipergunakan sebesar-besarnya untuk pertanian dan tidak boleh diperjualbelikan. Kemudian petani dalam membudidayakan pertanian, harus menjaga tanaman agar sampai panen, jangan sampai terserang hama penyakit,” kata Bambang.

Salah satu petani yang mendapatkan satu unit traktor roda empat, Mulyadi mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut. Dengan adanya alat pertanian, diharapkan hasil pertaniannya dapat maksimal.

“Untuk pemanfaatan di lahan kami dan peningkatan kesejahteraan petani pada umumnya,” ujarnya singkat. (HS-08)

Share This

Kementerian PUPR Beri Bantuan Mesin Pencacah Sampah pada Boyolali

Tidak Tertib Isolasi, OTG di Klaten Bakal Dijemput Paksa