in

Petani Kendal Tersenyum, Harga Panen Tembakau Naik

Petani tembakau di Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum, Kendal.

 

HALO KENDAL – Petani tembakau di Kabupaten Kendal sudah mulai bisa tersenyum. Hal itu karena Agustus ini, mereka sudah bisa mulai memanen tanamannya. Dengan intensitas hujan yang minim saat kemarau, kualitas tanaman tembakau petani pun hasilnya bagus.

Salah seorang petani di Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, Kendal, Yasiman mengatakan, kondisi panen tembakau tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Selama ini, Kendal memang menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki lahan pertanian tembakau yang cukup luas.

Alhamdulillah panen tembakau tahun ini baik kualitas daun tembakau maupun harganya cukup bagus, mencapai Rp 35 ribu/kuintal,” ungkapnya, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, selain tidak terkena hama penyakit, juga cuaca sangat mendukung. Tidak terjadi hujan besar di siang hari, membuat kualitas tembakaunya lebih baik.

Sehingga daun tembakau petani di desanya tampak hijau segar dan tebal.

“Daun petikan paling bawah itu harganya sama, tapi untuk daun petikan di bagian atas, harganya lebih tinggi dari tahun kemarin,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Kedunggading, Budiyono mengatakan, dari luas total lahan sawah total  sekitar 111 hektare, yang ditanami tembakau sekitar 90 hektare.

“Petani lainnya ada yang menanam bawang merah dan jagung. Namun saat ini sawah di sini sebagian besar ditanami tembakau,” katanya.

Budiyono mengaku, dari keterangan para petani tembakau, harga panen tembakau kali ini lebih baik dari tahun lalu.

Jika tahun kemarin, harga tertinggi untuk tembakau rajangan kering hanya Rp 32 ribu per kilogram, namun tahun ini sekitar Rp 35 hingga Rp 38 ribu per kilogram.

Menurutnya, harga daun tembakau petikan pertama dan kedua juga cukup bagus.

“Harga panen tembakau kali ini untuk tembakau rajangan kering sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 38 ribu per kuintal, bahkan bisa lebih,” ujarnya.

Adanya panen tembakau tahun ini, membuat sepanjang tepi jalan desa digunakan untuk menjemur daun tembakau yang sudah dirajang.(HS)

Share This

Pariwisata Mulai Dibuka, Begini Respon Pengelola

Temui Seniman Karanganyar, Bupati Kebumen Siap Akomodasi Aspirasi