in

Petani di Klaten Dapat Bantuan Alsintan dari Kementan

Acara penerimaan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), benih, dan pupuk, beserta hewan ternak, dari Kementerian Pertanian kepada para kelompok tani di Kabupaten Klaten. (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO KLATEN – Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), benih, dan pupuk, beserta hewan ternak, kepada para kelompok tani di Kabupaten Klaten.

Bantuan untuk menggerakkan roda perekonomian para petani yang terdampak pandemi Covid-19 tersebut, juga merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan didukung aspirasi dari DPR RI.

Penyerahan secara simbolis dilakukan di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten, belum lama, seperti disampaikan jatengprov.go.id.

Sekretaris Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana, Kementrian Pertanian RI, Gunawan berharap agar bantuan tersebut dapat meningkatkan usaha pertanian para petani di Klaten.

“Harapannya, kegiatan ini mudah-mudahan membuat masyarakat kembali menjalankan usaha pertaniannya sehingga roda ekonomi kembali berputar,” jelas Gunawan.

Dikatakannya, bantuan tersebut meliputi 20 unit pompa air, 30 unit traktor, tiga paket Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), 10 ekor sapi, 25 ekor kambing serta bantuan benih sebanyak 936 kilogram.

Penjabat Sementara (PJs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko, berpesan agar bantuan dari Kementan RI, dapat digunakan oleh petani secara berkelompok.

Diharapkan para petani bisa memperoleh hasil pertanian yang maksimal sehingga dapat mendukung kesejahteraan petani.

Sujarwanto menjelaskan dengan penguatan sarana dan prasarana pertanian, para petani tersebut dapat semakin produktif dan memperkuat pasar pertanian di Klaten.

“Kalau kita ingin memperoleh hasil yang tinggi, harus dilakukan secara berkelompok, sehingga dapat mengatur panen. Dengan begitu, memerlukan penguatan petani termasuk juga penguatan pasar ” ujarnya.

Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti, menyampaikan apresiasi atas bantuan tersebut.Ia berujar, bantuan tersebut sangat membantu kegiatan pertanian di Kabupaten Klaten.

“Bantuan ini membantu kegiatan-kegiatan petani kita. Kaitannya dengan ternak, gunanya untuk pembuatan pupuk sehingga meningkatkan pertumbuhan tanaman yang berada di lahan,” ungkapnya.

Acara penyerahan secara simbolis tersebut, turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Ketua DPR RI Dudi Gunadi, beserta Anggota DPRD Jawa Tengah Hartanto dan Kadarwati. (HS-08)

Share This

Ingin Juara dengan Marquez Ikut Balapan

Potensi Zakat ASN Pemkab Purbalingga Rp 11 M